Cara Punya Rp10 Juta, Rp100 Juta, dan Rp1 M Pertama!

Selamat untuk kamu yang sudah on track untuk mencapai resolusi tahun ini. Buat yang masih berjuang, tetap semangat mencapai target ya!

Biar makin semangat, Bibit mau kasih tahu simulasi nabung rutin di reksa dana untuk mencapai Rp10 juta, Rp100 juta, dan Rp1 miliar. 

Hitungan ini merupakan simulasi dengan rata-rata return 7% per tahun. Dengan demikian, jangka waktu akan berbeda jika return tidak 7% per tahun.

Ada tiga pilihan reksa dana yang bisa jadi pilihan menarik untuk kamu, yakni Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), Reksa Dana Obligasi (RDO), dan Reksa Dana Saham (RDS). Bagi investor konservatif biasanya akan lebih memilih RDPU yang risikonya lebih rendah, cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek yaitu kurang dari satu tahun.

Ada juga RDO yang memiliki risiko moderat atau sedang dengan potensi return lebih tinggi dari RDPU, cocok untuk tujuan keuangan jangka menengah satu sampai lima tahun. Kemudian, ada RDS yang memiliki risiko paling  tinggi karena bergantung dengan pergerakan saham yang lebih fluktuatif namun juga memiliki potensi keuntungan yang paling tinggi. Reksa dana ini cocok untuk tujuan keuangan jangka panjang lebih dari lima tahun. 

Intinya, cek lagi total pemasukan kamu per bulan dan tentukan tujuan keuangan jangka pendek, menengah, dan panjang. Lalu, pilih investasi yang sesuai dengan profil risikomu. Ingat, tujuan keuangan bisa tercapai jika kamu konsisten nabung rutin!

Writer: Tim CRM