Catat Ini Supaya Kamu Nggak Jadi Korban Penipuan Online

Belum lama ini sempat viral modus penipuan online dengan mengirimkan file modifikasi berupa undangan pernikahan. Modus pengiriman ini berbahaya karena setelah diunduh sistem dari jarak jauh akan mencuri data-data termasuk data perbankan. Nggak heran, ini sangat mudah bagi penipu untuk membobol akun perbankan serta akun keuangan lainnya.

Nggak hanya menggunakan modus file modifikasi, modus penipuan lainnya adalah dengan cara mengirim link tautan melalui pesan chat WhatsApp. Bagi yang membuka link tersebut, saldo rekening bisa terkuras habis. Hal ini terjadi karena penipu memanfaatkan perangkat lunak pada link yang dikirim, kemudian mencuri data nasabah.

Imbasnya, penipu online akan menguras uang kamu di rekening. Bahkan, para penipu ini juga bisa bertransaksi atas nama kamu karena data-data kita sudah berhasil dicuri oleh mereka. Nggak mau kan hal ini terjadi pada kita?

Lalu bagaimana cara menghindarinya?

  • Abaikan pesan berupa tautan link atau seruan untuk mengunduh sebuah aplikasi terutama jika kontak tersebut tidak ada dalam daftar kontak kamu. 

  • Waspada jika ada yang mengirim file dengan format nama file APK atau apk di akhir nama file. Untuk itu, jangan mengunduh dan install aplikasi di luar app store dan play store ya!

  • Segera block kontak mencurigakan apabila ada yang mengirimkan pesan dengan ciri-ciri seperti di atas

  • Pelajari ketentuan “permission” dan jangan mengaktifkan mode unduh otomatis di aplikasi WhatsApp

  • Lakukan cross check jika ada yang mengirimkan informasi mencurigakan. Caranya dengan mencari tahu di website atau situs resmi lewat mesin pencari seperti Google.

  • Jika sudah terlanjur mengklik, segera hubungi bank untuk melakukan pengecekan internet banking dan mobile banking.

Dear Pengguna Bibit, Laporkan Hal Mencurigakan ke Tim Support Bibit

Ingat, semua investasi yang ditawarkan Bibit hanya dapat dilakukan dari aplikasi Bibit. Bibit juga tidak menerima transaksi di luar aplikasi. Berhati-hatilah juga jika kamu diminta untuk melakukan hal yang tidak biasa. Contohnya bertransaksi di luar aplikasi Bibit.

Kami menyarankan kamu untuk melakukan transaksi hanya dari dalam aplikasi saja untuk menghindari kemungkinan adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan akun kamu. 

Jika kamu menemukan kejanggalan atau tanda-tanda terjadinya modus penipuan, kamu bisa segera laporkan ke tim Customer Support (CS) Bibit. 

Tim CS Bibit tersedia 24 jam untuk membantu kamu mengatasi permasalahan mengenai penipuan dan modus-modus kejahatan lain. Jika ada oknum yang mengatasnamakan Bibit meminta data-data pribadimu, sebaiknya kamu konfirmasi ke pihak bibit dan hanya mengikuti akun dan kontak resmi Bibit.

Berikut akun dan nomor resmi Bibit, jika kamu di kontak di luar nomor ini segera lapor ke Tim Support Bibit

Nggak cuma itu, jika ada oknum yang mengatasnamakan Bibit meminta data-data pribadimu, sebaiknya kamu konfirmasi ke pihak Bibit dan hanya mengikuti akun dan kontak resmi Bibit di bawah ini:

Nomor WhatsApp Bibit +6221 508 64230 dan +6221 508 64221

Instagram: @bibit.id

Facebook: Bibit

Website: Bibit.id

E-mail tim support: info@bibit.id