Catatan Investasi 2023: Financial Checklist Jelang Akhir Tahun

2023 akan segera berakhir. Bagaimana dengan resolusi keuangan kamu di tahun ini? 

Selamat buat kamu yang sudah makin dekat atau bahkan berhasil mencapai tujuan keuangan di 2023 ini! Namun untuk kamu yang masih dalam perjalanan dan berjuang, tetap semangat ya.

Untuk menyambut tahun yang baru, yuk kita flashback dulu untuk melihat pencapaian keuangan dalam setahun terakhir ini.

Save atau capture gambar di bawah ini! Dari Financial Checklist yang ada, mana yang sudah tercapai?

Dari financial checklist di atas, berapa poin yang berhasil kamu kasih tanda centang? Makin banyak yang kamu checklist, artinya keuangan kamu makin baik dan berkembang!

Namun kalau masih ada yang belum kesampaian, nggak perlu khawatir! Yuk semangat coba lagi di tahun depan. Bibit punya tipsnya buat kamu!

Tips Budgeting: 50-30-20

Mulai atur keuangan alias budgeting. Salah satu tips budgeting yang terkenal adalah menggunakan rumus 50-30-20.

Rumus ini dipopulerkan oleh  Profesor Hukum Harvard Senator Elizabeth Warren beserta Amelia Warren Tyagi. Dengan rumus ini, kamu bisa membagi penghasilan ke tiga pos seperti gambar di bawah ini:

  • 50% gaji untuk kebutuhan seperti bayar kost, makan, transportasi, pulsa, listrik, dll

  • 30% dari gaji untuk gaya hidup seperti jalan-jalan, subscription, makan untuk hangout, hobi

  • 20% dari gaji untuk tabungan, investasi, hingga bayar utang

Tentunya persentase itu bisa jadi acuan, namun kamu juga bisa sesuaikan juga dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Yang penting jangan lupa atur keuangan agar bisa bijak dan disiplin dalam menggunakan dana yang kamu punya.

Tips: Miliki 3 Rekening untuk Atur Keuangan

Seorang Certified Financial Education Instructor bernama Mykail James mengatakan bahwa setidaknya seseorang perlu memiliki 3 rekening bank. Ini agar bisa mengurangi overspending (pengeluaran berlebih) dan alasan keamanan.

Berikut 3 rekening yang perlu dimiliki:

  • Rekening 1 Penghasilan dan Kebutuhan Bulanan: untuk menerima penghasilan dan kebutuhan sehari-hari seperti belanja bulanan, transportasi, dan lainnya. 

  • Rekening 2 Tagihan dan Dana Darurat: untuk dana darurat dan keperluan bulanan seperti bayar sewa tempat tinggal, internet, listrik, air, atau tagihan lainnya. 

  • Rekening 3: RDN Wallet: Memisahkan alokasi investasi di rekening khusus (RDN) membantumu agar dana investasi tidak terpakai untuk belanja ataupun kebutuhan lainnya. 

Di Bibit, kamu bisa pilih RDN BCA atau RDN Bank Jago dengan cara upgrade ke Bibit Plus! Dengan RDN Wallet di Bibit, kamu bisa menikmati satu metode pembayaran untuk semua investasi mulai dari reksa dana, obligasi, hingga saham!

Mulai rutin investasi di 2024 untuk capai tujuan keuanganmu!