Nabung Rutin Reksa Dana Obligasi, Dapat Untung Berapa?

Dengan pergerakan Reksa Dana Obligasi yang fluktuatif, strategi nabung rutin menjadi langkah sederhana yang sangat mudah untuk dilakukan investor.

Namun yang jadi pertanyaan, apakah strategi ini efektif memberikan return yang positif? Simak simulasi nabung rutin di Reksa Dana Obligasi dan hasil keuntungannya berikut.

Simulasi Nabung Rutin di Reksa Dana Obligasi

Dedi menerapkan strategi nabung rutin tiap bulan dalam berinvestasi, dengan rincian:

  • Investasi dilakukan setiap tanggal 25

  • Jumlah dana untuk nabung rutin  sebesar Rp2 juta tiap bulan

  • Produk investasi yang dipilih adalah salah satu Reksa Dana Obligasi yang berfokus pada obligasi negara


Berikut adalah hasil investasi Dedi dalam beberapa jangka waktu berbeda dengan investasi setiap tanggal 25 

Tanpa berinvestasi, jumlah dana Dedi tidak akan berkembang. Namun nabung rutin di Reksa Dana Obligasi Negara dapat memberikan return positif dalam berbagai time frame investasi.

Keuntungan Nabung Rutin di Reksa Dana Obligasi

  • Tidak Perlu Market Timing

Melakukan market timing menjadi sulit karena pergerakan market yang berubah cepat. Dengan nabung rutin, tak masalah ketika terjadi penurunan ataupun kenaikan reksa dana, karena kamu akan dapat harga rata-rata dalam jangka panjang.

  • Kinerja Reksa Dana Obligasi Konsisten Naik dalam Jangka Panjang

Pergerakan Reksa Dana Obligasi Negara cenderung fluktuatif dalam jangka pendek. Namun dalam jangka panjang, kinerjanya secara historis konsisten naik.

Ketika pergerakan underlying asset (obligasi negara) turun, maka pembayaran kupon juga dapat menopang kinerja reksa dana. Maka sebaiknya investor memiliki mindset jangka panjang saat investasi Reksa Dana Obligasi Negara.

  • Investasi Lebih Tenang

Menerapkan strategi nabung rutin dapat membantu investor terhindar dari efek psikologis seperti rasa panik atau keputusan emosional di tengah fluktuasi pasar. 

Beberapa Pilihan Reksa Dana Obligasi di Bibit

Writer: Investment Research Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.