Rapor Aset Obligasi 2023: Mana yang Kasih Return Tertinggi?

Hampir sepanjang 2023, pelaku pasar berekspektasi bahwa tingkat suku bunga telah mendekati titik puncak. Namun sentimen ini sempat berganti menjadi suku bunga tinggi untuk waktu lebih lama (higher for longer), ditandai dengan keputusan BI untuk menaikkan suku bunga secara tak terduga di Oktober 2023.

Namun dengan fluktuasi market tersebut, aset investasi berbasis surat utang seperti Obligasi FR, SBN Ritel, dan Reksa Dana Obligasi, masih mampu memberikan return yang positif.

Cek produk mana saja dari masing-masing jenis aset obligasi yang memberikan imbal hasil tertinggi sepanjang 2023! 

Obligasi FR (Short Term) 

Instrumen Obligasi FR jangka pendek (< 3 tahun) cenderung memiliki tingkat imbal hasil yang lebih stabil. Namun imbal hasilnya masih lebih menarik dibanding deposito.

Dengan tingkat volatilitas yang terbilang rendah, Obligasi FR tenor pendek cocok untuk:

  • Memarkir dana menganggur (idle money) jangka pendek

  • Pilihan bagi investor yang berorientasi pada perlindungan nilai pokok investasi

Obligasi FR (Long Term)

  • 2023 bisa dikatakan menjadi tahunnya Obligasi FR jangka panjang. Ini didorong ekspektasi suku bunga sudah di titik puncak yang menjadi salah satu faktor penopang reli kinerja. 

  • Terlihat juga di beberapa seri Obligasi FR dengan jangka waktu di atas 20 tahun, mampu membukukan total return (dihitung dari performa) hingga double digit sepanjang 2023. 

  • Dengan pergerakan harga yang relatif lebih sensitif terhadap kebijakan suku bunga, Obligasi FR tenor panjang cocok untuk tipe investor yang mengincar potensi capital gain.

SBN Ritel

  • Keputusan BI menaikkan suku bunga pada Oktober 2023 menjadi keuntungan bagi investor yang memegang SBN ritel dengan floating with floor. Ini karena nilai kupon akan naik jika suku bunga naik. 

  • Terlihat dari 5 seri SBN Ritel dengan tingkat kupon berlaku tertinggi di 2023, semuanya adalah seri dengan floating with floor. Contoh:

    • Kupon SBR012-T4 pada masa penawaran awal 2023: 6,35%. Namun saat ini sudah naik jadi 6,85% karena suku bunga BI naik.

  • SBN Ritel sangat cocok bagi investor yang menginginkan passive income setiap bulannya. Jangan sampai ketinggalan kesempatan untuk investasi SBN Ritel pada masa penawaran berikutnya di 2024!

Reksa Dana Obligasi

  • Dari 5 produk Reksa Dana Obligasi di Bibit kinerja terbaik sepanjang 2023, semuanya merupakan reksa dana yang memiliki fokus investasi pada instrumen obligasi negara. 

  • Ini didorong dengan kinerja Obligasi FR / Project Based Sukuk (PBS) yang menghasilkan return cukup tinggi sepanjang tahun ini. 

  • Kinerja Reksa Dana Obligasi juga ditopang dengan kupon dari obligasi negara yang menjadi underlying asset. 

  • Mengingat harga obligasi dapat berfluktuasi dalam jangka pendek, kamu bisa menerapkan strategi nabung rutin dalam jangka panjang di Reksa Dana Obligasi untuk memperoleh potensi return yang lebih optimal!

Jadi, aset obligasi mana yang menjadi favorit atau jadi pilihan kamu buat tahun depan? Beragam aset mulai dari Obligasi FR, SBN Ritel (pada masa penawaran), hingga Reksa Dana Obligasi ini bisa kamu beli melalui aplikasi Bibit dengan mudah! Jangan lupa untuk sesuaikan pilihan aset obligasi dengan tujuan investasi dan profil risiko kamu.

Writer: Investment Research Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana ataupun produk investasi tertentu.