Financial Checklist Jelang Akhir Tahun

Nggak terasa 2022 akan segera berakhir. Gimana keuangan kamu jelang akhir tahun ini? Apakah ada perkembangan atau sudah makin dekat dengan tujuan keuangan kamu?

Well, Bibit mau ucapin selamat dulu untuk kamu yang berhasil mencapai resolusi keuangan tahun ini.

Untuk kamu yang belum berhasil jangan patah semangat ya! Masih ada waktu untuk mencapai tujuan keuangan kamu tahun depan.

Yuk, kita sedikit flashback dan cek pencapaian keuangan! Kira-kira apa saja nih yang sudah berhasil diraih?

Dari semua itu, kira-kira berapa poin yang bisa kamu checklist? Semakin banyak ter-checklist, artinya keuangan kamu semakin sehat  dan kamu sudah makin jago dalam mengatur keuangan!

Tapi kalau masih banyak yang belum terselesaikan, nggak perlu galau yah! Kamu masih punya waktu dan kesempatan untuk makin berkembang di 2023 bersama dengan Bibit, salah satunya melalui tips berikut 

Berdasarkan rumus gaji yang dipopulerkan oleh Profesor Hukum Harvard Senator Elizabeth Warren dan putrinya bernama Amelia Warren Tyagi, penghasilanmu  bisa dibagi ke dalam tiga pos, yakni 50-30-20. Lihat gambar di bawah ini. 

  • 50% gaji untuk kebutuhan seperti bayar kost, makan, transportasi, pulsa, listrik, dll

  • 30% dari gaji untuk gaya hidup seperti langganan streaming, jalan-jalan, makan di restoran, hingga beli hampers

  • 20% dari gaji untuk tabungan, investasi, hingga bayar utang

Semakin kamu disiplin dan bijak mengalokasikan gaji, maka tujuan keuanganmu juga akan lebih cepat tercapai. 

Kamu bisa menabung rutin atau konsisten menerapkan strategi Dollar Cost Averaging (DCA) dengan investasi reksa dana di Bibit setiap bulan.

Ada beberapa jenis reksa dana, mulai dari Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), Reksa Dana Obligasi (RDO), dan Reksa Dana Saham (RDS). Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari penempatan aset hingga sentimen yang mempengaruhi imbal hasil masing-masing reksa dana. 

Yang penting, pilih reksa dana sesuai profil risiko dan tujuan keuangan kamu ya. Jangan lupa, nabung rutin juga salah satu kunci mencapai keuangan yang sehat.