Investasi SR018 Cocok untuk PNS, Ini Bukti Simulasinya!

Investasi yang satu ini cocok untuk investor dengan profil risiko apapun dan latar belakang pekerjaan apapun, salah satunya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ada beberapa alasan kenapa SR018 ini cocok untuk PNS. Yuk, simak baik-baik penjelasannya!

Sumber Passive Income

SR018 memiliki skema kupon tetap (fixed) yang dibagikan secara berkala setiap bulan. Artinya, pembayaran kupon ini cocok buat PNS yang menginginkan pemasukan tambahan tanpa harus bekerja. Nggak hanya itu, sebagai passive income, pembayaran kupon juga bisa dimanfaatkan untuk menambah alokasi dana saat masa pensiun nanti.

Nggak hanya sebagai passive income, berinvestasi di obligasi SR018 juga lebih menguntungkan dibandingkan menabung di deposito. Pasalnya, walaupun bunga BI per Maret 2023 sudah di level 5,75% namun ternyata bunga deposito bank syariah (BSI) saat ini berada di level 2,3%/tahun. Belum lagi ada pajak sebesar 20% yang dikenakan atas bunga deposito tersebut.

Dua Seri SR018, Pilih Sesuai Kebutuhan

Berbeda dengan Sukuk Ritel yang sudah diterbitkan di tahun-tahun sebelumnya. Surat Berharga Negara (SBN) Syariah, Sukuk Ritel (SR) seri SR018 diterbitkan dengan dua tenor, yaitu SR018-T3 (tenor 3 tahun) dengan kupon 6,25% per tahun dan SR018-T5 (tenor 5 tahun) dengan kupon 6,4%.

Dengan  pilihan dua tenor ini, kamu bisa menyesuaikan dengan tujuan keuangan. Misalnya SR018-T3 untuk tujuan investasi jangka menengah, seperti investasi untuk beribadah haji ke tanah suci atau dana pendidikan anak. Lalu SR018-T5 bisa menjadi pilihan untuk investasi jangka panjang, seperti menambah alokasi dana pensiun.

Kupon di Atas Suku Bunga BI

Sukuk Ritel SR018 kali ini diterbitkan dengan kupon sebesar 6,25% untuk SR018-T3 (tenor 3 tahun) dan   6,4% untuk SR018-T5 (tenor 5 tahun). Menariknya, nilai kupon ini lebih tinggi daripada suku bunga Bank Indonesia (BI) yang per Maret 2023 ditetapkan sebesar 5,75%.

Besaran kupon yang pasti ini memudahkan kamu sebagai PNS karena nggak perlu melakukan analisis terlalu kompleks. Kamu sudah bisa memprediksi berapa besaran kupon yang akan diterima setiap bulan sampai jatuh tempo dengan adanya pembayaran kupon tetap.

Bisa Diperdagangkan Sebelum Jatuh Tempo 

Sukuk Ritel SR018 merupakan jenis SBN yang bisa diperdagangkan (tradable) di pasar sekunder sampai jatuh tempo. Artinya,kamu berpotensi mendapatkan keuntungan jika SR018 dijual di harga yang lebih tinggi di pasar sekunder daripada harga yang kamu beli. Tapi ingat juga ya ada potensi capital loss jika ternyata kamu menjualnya di harga yang lebih rendah. Lalu bagaimana jika kamu menyimpan SR018 ini hingga jatuh tempo? 

Di atas adalah simulasi perhitungan berinvestasi di SR018. Kamu bisa memilih mau investasi berapa sesuai dana yang kamu punya. Sehingga kamu bisa menargetkan berapa kupon yang kamu dapatkan dari investasi di SR018.

Sebenarnya, masih banyak keuntungan lain dari SR018 yaitu : 

  • SR018 dijamin negara melalui Undang-Undang. Jadi pembagian kupon tiap bulan dan pembayaran pokok investasi saat jatuh tempo pastinya sudah terjamin.

  • Nilai kupon lebih tinggi daripada deposito bank BUMN.

  • Pajak yang dikenakan lebih rendah dibandingkan deposito (pajak SBN 10%, pajak deposito 20%).

  • Dengan  investasi di SR018, kamu juga ikut membantu mendukung pembiayaan pembangunan nasional! Karena dana investasi yang terkumpul akan digunakan pemerintah untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

  • Pembelian SR018 yang mudah karena dilakukan secara full online dengan mudah.

Tertarik untuk investasi di SR018? Kalau tertarik, kamu bisa mulai dengan registrasi terlebih dahulu di aplikasi Bibit. Selanjutnya, kamu bisa langsung check out SR018 sekarang juga!

Writer: Tim Edukasi