Jumlah Investor SBN Indonesia Meningkat, Investasikan Uangmu untuk SBN ORI022 dan ST009!

Investasi bodong menjadi salah satu hal yang harus diwaspadai. Saat ini, banyak jenis investasi yang bisa dijadikan pilihan. Namun, pastikan memilih instrumen investasi dengan teliti agar tak menambah daftar panjang korban investasi bodong. Salah satu instrumen yang bisa dipilih adalah Surat Berharga Negara (SBN). Dari waktu ke waktu, investasi pada SBN ternyata semakin diminati publik. 

Meningkatnya investor SBN memang bukan hanya isapan jempol belaka. Pasalnya dari data PT KSEI (PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), didapati bahwa investor SBN meningkat setiap waktunya. Dari situs KSEI, melihatkan bahwa data dari bulan September 2022 ini, investor SBN sudah meningkat 28,17% menjadi 783.273 dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 611.143 investor. Sementara dibanding tahun 2020, investor SBN juga mengalami peningkatan di tahun 2021 sebesar 32,75%. Berikut grafik jumlah investor SBN dari tahun ke tahun:

Apa yang Diminati Investor Dari Investasi SBN?

Peningkatan investor SBN dari tahun ke tahun ini tentu bukan tanpa sebab. Salah satu hal yang membuat para investor meminati SBN adalah jaminan keamanannya. Investasi SBN memang menawarkan garansi keamanan kepada investornya. Garansi keamanan pada investasi SBN ini berlaku tidak hanya pada pengembalian pokok tapi juga pembayaran kuponnya. Dengan jaminan keamanan inilah investor tak perlu khawatir lagi untuk menjalankan investasi SBN.

Hal lain yang membuat investor meminati SBN adalah imbal hasilnya yang menguntungkan. Dalam investasi ini kamu memang akan mendapatkan kupon atau bunga yang besarannya di atas rata-rata bunga Bank BUMN. Hal ini bisa kita buktikan pada kupon ORI022 yang baru saja dirilis pemerintah dengan besaran 5,95% per tahun. Dibanding bunga Bank BUMN yang hanya mencapai 3,5%, tentu imbal hasil ORI022 jauh lebih menguntungkan.

Dengan kupon SBN inilah maka investor akan mampu mendapatkan passive income atau penghasilan pasif setiap bulannya. Menarik kan?

Baca juga: Imbal Hasil SBN vs Bisnis Kos-kosan, Mana yang Paling Menguntungkan

Kesempatan Investasi ORI022 dan ST009

Untuk kamu yang tertarik investasi di SBN, masih ada kesempatan untuk memulainya di tahun 2022. Ini karena di akhir tahun ini masih ada dua produk SBN yang bisa kamu beli yaitu Obligasi Ritel Negara seri 022 (ORI022) dan Sukuk Tabungan seri 009 (ST009). Pilihan ORI022 dan ST009 tentu akan jadi pilihan menarik untuk kamu.

Mulai saja dengan pembelian ORI022 yang sedang dalam masa penawaran mulai 26 September hingga 20 Oktober 2022. Sementara untuk ST009, akan ditawarkan pada 11 November - 30 November 2022 nanti. Kamu masih punya kesempatan beli ORI022, karena kuota yang tersisa saat ini Rp 2,3 triliun (data per 17/10/2022). 

Investasi SBN semakin mudah, di mana kamu bisa membelinya melalui aplikasi Bibit. Karena Bibit menjadi salah satu Mitra Distribusi (midis) untuk pembelian SBN. Jadi, kalau sudah siap dan nggak mau ketinggalan, langsung aja beli ORI022 di aplikasi Bibit!