MPMX: Potensi Dividen Atraktif 8% per Tahun

PT Mitra Pinasthika Mustika ($MPMX) merupakan distributor motor Honda di Jawa Timur dan NTT dengan pangsa pasar yang semakin dominan di Indonesia. Tim Analyst Stockbit menilai MPMX menarik untuk diakumulasi pada saat ini:

  • Attractive Dividend Yield – MPMX menawarkan dividen yang menarik, dengan yield minimal ~8 % per tahun. Besaran dividen tersebut didasarkan oleh estimasi konservatif kami yang mengasumsikan laba bersih yang sustainable di level ~Rp600 M per tahun dan payout ratio sebesar 65%. Kami menilai MPMX dapat menghasilkan laba bersih Rp600 M per tahun jika volume penjualan motor perseroan mencapai ~900 ribu per tahun.

  • Stable Business – Sebagai distributor motor Honda dengan pangsa pasar yang semakin dominan di Indonesia, kami menilai bisnis MPMX relatif stabil, tercermin dari margin laba usaha yang stabil di kisaran 3,8%.

  • Solid Financial with Minimum Capex – Besaran dividen didukung oleh posisi finansial MPMX yang relatif solid dan bebas utang, dengan kas sebesar Rp1,59 T per 9M23. Level kas tersebut kami proyeksikan tetap solid ke depannya karena capex yang dikeluarkan oleh MPMX relatif minim di kisaran Rp100–200 M per tahun. Minimnya kebutuhan capex dipicu oleh divestasi yang dilakukan MPMX terhadap beberapa unit usaha yang membutuhkan capex relatif besar, seperti MPM Rent.

  • Limited Downside Risk MPMX diperdagangkan dengan P/E TTM sebesar 7,3x atau sedikit lebih tinggi dari -1 Standard Deviation dalam 3 tahun terakhir. Level tersebut tergolong rendah secara historis, sehingga membatasi risiko downside dari capital loss.

Baca analisa selengkapnya di artikel unboxing MPMX: Attractive Sustainable Dividend Of ~8% P.A Backed By Stable Motorcycles Business

Kamu juga bisa cek data-data finansial penting lainnya dengan Key Stats di aplikasi Bibit. Maksimalkan potensi return portofolio kamu dalam jangka panjang dengan investasi saham di Bibit!

Disclaimer: Keputusan membeli/menjual saham merupakan tanggung jawab pribadi investor sepenuhnya. Always do your own research.