Nabung 30 Ribu Bisa Jadi 10 Jutaan? Lakukan Trik Ini!

Siapa yang sering jajan atas nama self reward atau promo? Misalnya, beli kopi dengan promo buy 1 get 1 atau beli makanan dengan promo pesan antar online? Terlalu sering jajan ini dan itu, justru membuat niat nabung di angka jutaan terasa sudah nggak yakin bisa tercapai, karena pengeluaran terlanjur membengkak.

Terkadang, kita berpikir kalau target nabung kita terlalu ketinggian, jadi alokasi dana buat nabung per bulan juga besar. Padahal kamu bisa mulai menabung per hari dengan jumlah yang terjangkau!

Coba deh tantang diri kamu sendiri dengan saving challenge, seperti nabung Rp 30 ribu setiap hari. Cara saving challenge ini bisa jadi win-win solution loh, supaya kamu bisa menahan diri untuk nggak jajan terus dan bisa mulai nabung biar makin cuan!

Kamu bisa mengalihkan kebiasaan “hedon” menjadi kebiasaan nabung untuk mencapai tujuan keuanganmu. Meskipun jumlahnya sedikit, tapi semakin rutin dilakukan pasti akan semakin banyak hasilnya, kan?

Biar ada gambaran, coba deh kita simulasikan hitungannya sebagai berikut: 

Nabung per hari = Rp 30.000

Total Tabungan per bulan = Rp 30.000 x 30 hari

       = Rp 900.000

Total Tabungan 1 tahun = Rp 300.000 (30 hari x 12)

       = Rp 10.800.000

Dari perhitungan saving challenge di atas, kita bisa lihat kalau dari yang awalnya Rp 30 ribu ternyata bisa menjadi jutaan. Misalnya dalam 10 bulan, kita bisa mendapatkan RP 9 juta. Bahkan kalau kita konsisten nabung selama setahun, maka hasilnya bisa sampai lebih dari Rp 10 juta. Keren kan buat nabung Rp 10 juta pertama kamu!

Perhitungan di atas itu hanya menabung dengan cara yang biasa, ya. Kamu berpotensi dapat hasil yang lebih besar, kalau kamu melakukan saving challenge di reksa dana! Karena dengan menabung reksa dana, kamu bisa berkesempatan mendapatkan keuntungan dari investasi reksa dana. 

Kamu bisa cek hasil simulasi nabung di salah satu produk RDPU (Reksa Dana Pasar Uang) lewat “Mesin Waktu Reksa Dana” di aplikasi Bibit berikut ini!

*Disclaimer on:

Kinerja yang ditampilkan di atas berdasarkan data pada kinerja masa lalu yang tidak menjamin kinerja di masa depan.

Dari hasil perhitungan “Mesin Waktu Reksa Dana”, jika kita nabung rutin per hari Rp 30 ribu (Rp 900 ribu per bulan) sejak 1 tahun yang lalu di Reksa Dana Pasar Uang, maka nilai uang kita menjadi Rp 11 jutaan! Lumayan banget kan!

Untuk investasi jangka pendek (1 tahun), kamu bisa menempatkan dana tabungan kamu di Reksa Dana Pasar Uang. Ini karena Reksa Dana Pasar Uang ditempatkan pada instrumen pasar uang seperti deposito dan obligasi yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Jadi pergerakannya cenderung stabil meningkat dan juga rendah risiko. 

Supaya makin lancar nabungnya, kamu bisa coba atur autodebit dengan fitur “Nabung Rutin” di aplikasi Bibit. Lewat fitur Nabung Rutin, kamu bisa menentukan sendiri jumlah dana yang akan kamu tabung dan jangka waktu mengumpulkannya.

Kalau pakai cara saving challenge yang ada di artikel ini, kamu bisa kamu atur saja Rp 30 ribu setiap harinya selama satu tahun. Cara pembayarannya pun juga mudah banget, bisa pakai GoPay atau Bank Jago. Yuk langsung lakuin saving challenge Rp 30 ribu per hari!