Nabung Beli Tiket Konser Idola, Gimana Caranya?

Pandemi sudah mulai mereda, jejeran jadwal konser pun sudah di pelupuk mata. Belakangan ini makin sering terlihat berbagai promo acara musik di sosial media. Mulai dari artis lokal hingga mancanegara, para fans makin antusias untuk menghadirinya. Idola kamu akan mengadakan konser juga nggak nih? 

Nonton konser memang sering menjadi salah satu resolusi atau bucket list impian orang-orang. Berbicara tentang konser, tentu saja tidak lepas dengan beli tiketnya. Tapi tak jarang, harga tiket konser kian fantastis hingga mencapai jutaan. Gimana ya cara menyiapkannya supaya bisa tetap nonton konser idola? Yuk cari tau tips nabung beli tiket konser berikut ini!

Siapin Budget dari Awal

Biasanya, pengumuman acara konser cukup berdekatan dengan waktu penjualan tiketnya. Ada yang berjarak sebulan atau bahkan hanya 1-2 minggu saja dari announcement sampai waktu penjualan tiket. Nah, biar kamu nggak kebingungan harus nabung dalam waktu yang singkat, ada baiknya kamu siapin lebih awal alias dari jauh-jauh hari. Istilahnya sih, “sedia payung sebelum hujan”. 

Jangan sampai menyesal batal nonton konser idola favoritmu karena pengumumannya mendadak dan ternyata uang kamu belum terkumpul. Atau kamu malah harus cari pinjaman dan ngutang demi nonton konser. Niatnya mau senang-senang, nanti malah jadi nggak tenang.

Bikin Target Dana yang Ingin Dikumpulkan

Kalau sudah ada niat mau nabung, yuk bikin target dana yang mau kamu kumpulkan. Kamu bisa coba cek range harga tiket dari konser sebelumnya atau konser sejenis lainnya. Misalnya, kalau kamu suka salah satu band rock asal Amerika, coba cari tahu harga tiket konser yang sudah pernah digelar sebelumnya di Indonesia untuk jadi referensi perkiraan harga tiket konsernya.

Selain harga tiket, kamu juga harus mempertimbangkan pengeluaran lain nih saat kamu nonton konser. Misalnya seperti transportasi, konsumsi, atau penginapan jika konsernya diadakan di luar kota. Berikut ini ada contoh: Dinda punya impian untuk nonton konser boyband K-Pop favoritnya. Target dana yang ingin Dinda tabung untuk nonton konser adalah sebagai berikut:

Tabel di atas merupakan salah satu contoh gambaran pengeluaran untuk nonton konser. Tentunya, setiap orang memiliki pengeluaran dan prioritas yang berbeda-beda. Jadi sesuaikanlah pengeluarannya dengan budget dan keperluanmu sendiri ya!

Buat Tabungan Khusus untuk Tiket Konser

Supaya nabung bisa lebih fokus, kamu bisa coba buat tabungan khusus untuk nonton konser. Jadi tabungan kamu tidak akan bercampur dengan kebutuhan ataupun tujuan keuangan lainnya. Tenang, nggak ribet kok kalau kamu nabungnya di Aplikasi Bibit. Soalnya, di Bibit ada fitur Goal Setting. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur sendiri tujuan keuangan, jumlah nominal yang ingin dikumpulkan, sampai target waktunya. Contohnya seperti ini nih!

Nabung Konsisten Pakai Autodebit

Salah satu kunci agar nabung bisa tercapai adalah komitmen untuk terus konsisten melakukannya. Nabung memang perlu waktu dan nggak bisa instan. Nah, supaya terus konsisten dan nggak bolong-bolong nabung, kamu bisa melakukan autodebit atau nabung rutin untuk nabung. Cara ini bisa membantu kamu untuk tetap disiplin mencapai goal tabunganmu!

Biar makin memudahkan kamu, aplikasi Bibit punya fitur Nabung Rutin dengan Jago Autodebit loh! Lewat fitur Nabung Rutin ini, kamu bisa langsung atur jadwal nabung dan nominal nabung kamu. Caranya mudah banget, tinggal ikutin steps ini ya!

  1. Klik Nabung Rutin di halaman Home aplikasi Bibit.

  2. Pilih portofolio dan produk reksa dana untuk nabung rutin.

  3. Masukkan nominal dan pilih metode Jago Autodebit.

  4. Tentukan frekuensi nabung rutin kamu. Bisa dipilih: harian, mingguan, atau bulanan.

  5. Bibit akan menampilkan rincian Nabung Rutin yang baru saja kamu buat, klik “konfirmasi” untuk menyelesaikan.

Gampang, kan? Jadi nggak ada alasan kamu lupa nabung karena semuanya udah serba otomatis, nih. Yuk semangat nabung supaya bisa segera bertemu dengan idola!

Writer: Catharina Kania A.