Nabung di Reksa Dana Tapi Belum Punya Tujuan, Memang Bisa?

Ketika seseorang memutuskan untuk menabung di reksa dana, biasanya ada tujuan keuangan yang ingin dicapai. Misalnya mau ngumpulin dana darurat, dana pendidikan, sampai dana pensiun. Di samping itu, ada juga tujuan keuangan yang sifatnya untuk self reward seperti nabung untuk liburan, beli sepatu baru, sampai nabung untuk nonton konser.

Tapi, pernah nggak kamu punya keinginan nabung di reksa dana meskipun sebenarnya belum punya tujuan keuangan? Kalau jawabnya pernah, it’s okay! Nggak masalah kalau mau  nabung di reksa dana meskipun kamu belum tahu untuk apa uang tersebut.

Belum ada tujuan, pilih produk reksa dana yang mana?

Karena tanpa tujuan, kamu juga nggak tahu kapan kira-kira uang tersebut akan kamu gunakan. Asumsinya adalah, kamu bisa tiba-tiba mencairkan dana kapanpun dan harapannya tidak dalam kondisi merah alias turun. Nah, Reksa Dana Pasar uang (RDPU) bisa kamu pilih karena instrumen yang satu ini menempatkan asetnya pada pasar uang seperti surat berharga yang jatuh temponya di bawah setahun, sehingga pergerakannya cenderung stabil.

Supaya tergambar jelas, di bawah ini adalah simulasi perhitungan jika kamu berinvestasi di RDPU!

Pada gambar di atas, sebelah kiri adalah grafik yang memperlihatkan bagaimana pertumbuhan investasi RDPU meski jangka pendek sampai 1 tahun. Pertumbuhannya terus konsisten dengan potensi  return sebesar 2,76% setahun. Angka tersebut lebih tinggi dibanding dengan rata-rata bunga deposito bank BUMN. 

Sementara itu, gambar di sebelah kanan adalah simulasi perhitungan dengan mesin waktu di aplikasi Bibit. Jika secara konsisten kamu menyisihkan Rp1 juta setiap bulan, maka setahun kemudian uangmu sudah tumbuh menjadi Rp12,1 juta. 

Kabar baiknya…

Selain memberikan return meskipun kamu menabung dalam jangka pendek, RDPU pada contoh di atas yaitu BNI-AM Dana Lancar Syariah memiliki fitur instant redemption. Dengan fitur Instant Redemption, kamu bisa mencairkan reksa dana secepat kilat, kapan saja, bahkan saat tanggal merah. Informasi lengkapnya bisa kamu temukan di sini!

Jadi, buat kamu yang tiba-tiba ingin mencairkan dana investasi maka kamu bisa memilih produk ini dan memanfaatkan fitur instant redemption. Selanjutnya, RDPU BNI-AM Dana Lancar Syariah merupakan instrumen syariah yang menempatkan aset investasinya pada sukuk (33%) dan Kas & Deposito (67%). Sehingga RDPU BNI-AM Dana Lancar Syariah cocok buat kamu yang preferensi investasinya berbasis syariah. 

Kesimpulannya adalah boleh banget kalau nabung di reksa dana meskipun kamu belum punya tujuan. Soalnya, menabung tanpa tujuan lebih baik dibanding kamu sudah punya tujuan tapi belum juga mulai nabung karena seribu alasan. 

Kalau kamu sudah konsisten nabung setiap bulan, semoga kamu bisa “Naik Kelas”. Maksudnya adalah, setelah konsisten nabung langkah selanjutnya adalah pelan-pelan kamu mulai mulai menentukan tujuan agar tujuan keuanganmu semakin jelas dan terarah. 

Gimana? Sudah siap nabung rutin meskipun belum punya tujuan? Yuk, nabung sekarang di aplikasi bibit!