Investasi di SBN ORI022 dan Deposito, Mana yang Menguntungkan?

Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 sedang dalam masa penawaran sejak 26 September 2022 hingga 20 Oktober nanti. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menetapkan nilai kupon Surat Berharga Negara (SBN) ORI022 ini sebesar 5,95% per tahun (fixed rate). 

ORI022 bisa menjadi salah satu opsi instrumen investasi yang rendah risiko. Ini karena ORI022 dijamin oleh pemerintah melalui undang-undang dan nilai kupon yang tetap alias fixed rate.  Bicara soal investasi di ORI022, sebenarnya ada pilihan lain yang juga rendah risiko yaitu deposito perbankan yang lebih familiar di kalangan masyarakat. Tapi apa sih bedanya dari kedua instrumen investasi ini?

Perbedaan SBN ORI022 dan Deposito 

Supaya kamu punya gambaran dari perbedaan ORI022 dan deposito, simak tabel berikut ini.

Perbedaan ORI022 dan Deposito

*Deposito berdasarkan 4 Bank BUMN
**Rata-rata bunga deposito 4 Bank BUMN

Secara pengertian, ORI022 merupakan surat berharga negara (obligasi) yang diterbitkan oleh pemerintah  yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui mitra distribusi. Tujuannya adalah untuk pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN). Sedangkan deposito merupakan produk perbankan yang mana nasabah bisa menyimpan uang dengan nilai bunga yang sudah ditetapkan dari awal.

Perbedaan ORI022 dan deposito juga dapat dilihat dari minimal investasi, return, pajak yang dikenakan, serta penjaminan. Minimal investasi ORI022 sama seperti SBN ritel lainnya, yaitu Rp1 juta dan kelipatannya hingga Rp5 miliar. Sedangkan minimal investasi untuk deposito tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Di bank Badan Milik Usaha Negara (BUMN), rentang minimum deposito adalah dari Rp1 juta hingga Rp10 juta. 

Sedangkan dari segi return alias imbal hasil, ORI022 ditetapkan memiliki nilai kupon sebesar 5,95% per tahun. Return tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata bunga deposito 4 bank BUMN sebesar 2,65% per tahun. Lalu dari segi pajak, ORI022 mengenakan tarif pajak yang lebih rendah yaitu 10%. Sedangkan hasil keuntungan deposito dikenakan pajak sebesar 20%. 

Terakhir, pembayaran kupon dan nilai pokok investasi ORI022 dijamin oleh negara melalui undang-undang (UU No 24 tahun 2002 tentang Surat Utang Negara). Di sisi lain, deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan batasan nominal sebesar maksimal Rp2 miliar per individu.

Simulasi Perhitungan Investasi di ORI022 dan Deposito 

Berikut ini adalah contoh simulasi perhitungan hasil investasi di ORI022 dan deposito dengan modal Rp100 juta. Maka imbal hasil yang diperoleh dalam 1 bulan adalah sebagai berikut:

Simulasi Perhitungan Keuntungan Investasi ORI022 vs Deposito

**Rata-rata bunga deposito 4 Bank BUMN

Dari penjelasan tersebut, ORI022 bisa dikatakan sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Untuk hasil keuntungan investasi di ORI022 dengan jumlah nominal lain bisa kamu lihat di gambar bawah ini!

Jika kamu tertarik untuk investasi di ORI022, jangan sampai terlewat ya! Karena masa penawaran hanya sampai tanggal 20 Oktober 2022! Kamu bisa pesan sekarang lewat Bibit. Soalnya Bibit merupakan Mitra Distribusi (MiDis) penjual SBN yang sudah ditunjuk resmi oleh Kementerian Keuangan RI. Klik di sini untuk detail pembelian SBN di Bibit!

Selain keuntungan yang telah disebutkan, kamu juga bisa dapatkan keuntungan undian cashback reksa dana hingga Rp3 juta dengan membeli ORI022 lho! Simak mekanisme promonya sebagai berikut 👇🏼

Untuk informasi lebih lengkap serta syarat dan ketentuan promo, bisa kamu cek di sini!