Ini Alasan Investasi SBN Cocok untuk Semua Kalangan!

Kegiatan investasi kini semakin diminati masyarakat. Sayangnya nggak semua jenis investasi bisa merangkul semua kalangan. Selain kendala modal, tidak jarang juga investasi yang ada terlalu berisiko sehingga membuat orang takut berinvestasi.

Lalu investasi apa yang cocok dan tepat untuk dijalankan semua orang? Jawabannya adalah Surat Berharga Negara (SBN). Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini! SBN atau Surat Berharga Negara sendiri adalah instrumen investasi yang dihadirkan oleh negara atau pemerintah yang diperuntukkan kepada masyarakat dengan tujuan membiayai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Dengan berinvestasi pada SBN, kamu tidak hanya akan mendapatkan imbal hasil menguntungkan, tapi kamu juga akan menjadi warga negara yang baik karena ibaratnya kamu meminjamkan uangmu kepada negara. Soal keamanan, kamu tak perlu khawatir karena investasi SBN dijamin 100 persen pengembalian pokok serta pembayaran kuponnya.

Semua Bisa Berinvestasi Pada SBN

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa investasi pada SBN ini cocok dijalankan semua kalangan. Alasannya:

  1. Investasi ini bisa dijalankan semua profesi.

  2. Investasi SBN bisa dimulai dengan dana yang minim yakni Rp 1 juta.

  3. Pendaftaran bisa dilakukan melalui ponsel dan kupon setiap bulannya langsung cair ke rekening investor.

Lalu apa yang bisa didapat oleh setiap profesi dari investasi ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita bisa melihat tabel berikut:

Dari tabel di atas terlihat bahwa banyak keuntungan yang bisa didapat dari investasi SBN. Tidak hanya untuk kepentingan masa depan, tapi dengan investasi SBN, kamu juga tetap bisa fokus untuk mencapai goals atau tujuan sekarang. Perlu diketahui juga bahwa investasi SBN ini memiliki besaran kupon yang melebihi rata-rata bunga Bank BUMN lho. Menarik kan!

Baca juga: Alasan SBN Cocok untuk Dana Pensiun, Yuk Ajak Ortu Investasi di ORI022!

Investasi SBN di Bibit

Kamu bisa nikmati passive income stabil setiap bulannya di kala kondisi market yang labil. Cek simulasinya di bawah ini!

Jika kamu tertarik berinvestasi pada SBN, kamu bisa langsung membelinya di aplikasi Bibit. Saat ini Bibit sudah sah sebagai mitra distribusi (midis) penjualan SBN oleh Kementerian Keuangan serta sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, pantau terus aplikasi Bibit, supaya kamu nggak ketinggalan informasi penawaran SBN ya!

Di bawah ini adalah SBN yang sudah ditawarkan sejak Januari hingga saat ini.

  1. Obligasi Negara Ritel ORI21: 24 Januari - 17 Februari 2022

  2. Sukuk Ritel SR016: 25 Februari - 16 Maret 2022

  3. Sukuk Wakaf Ritel SWR003: 1 April - 2 Juni 2022  [Hanya untuk LKSPWU]

  4. Savings Bond Ritel: 23 Mei - 16 Juni 2022

  5. Sukuk Ritel SR017: 19 Agustus - 14 September 2022

  6. Obligasi Negara Ritel ORI022: 26 September - 20 Oktober 2022

Itulah penjelasan mengenai alasan mengapa SBN cocok untuk semua kalangan. Semoga setelah baca artikel ini, kamu jadi pede dan semakin siap kalau ada penawaran SBN berikutnya. Siap-siap, karena sebentar lagi Pemerintah melalui Kementerian Keuangan bakal menerbitkan SBN seri yang lain.

Selain keuntungan yang telah disebutkan, kamu juga bisa dapatkan keuntungan undian cashback reksa dana hingga Rp3 juta dengan membeli ORI022 lho! Simak mekanisme promonya sebagai berikut 👇🏼

Untuk informasi lebih lengkap serta syarat dan ketentuan promo, bisa kamu cek di sini!