Perbedaan SBR011 dan Deposito, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Pemerintah menerbitkan SBN seri SBR011 pada 25 Mei 2022 lalu. Penerbitan SBR011 bertujuan untuk menghadirkan investasi yang aman dan menguntungkan bagi masyarakat untuk membantu pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi. 

Apa perbedaan SBR011 dengan Deposito?

SBR011 merupakan produk investasi berupa Surat Berharga Negara yang diterbitkan oleh pemerintah langsung sebagai produk investasi yang aman, menjanjikan, dan menguntungkan. Sedangkan deposito adalah produk investasi yang diterbitkan oleh perbankan dalam bentuk simpanan berjangka. 

Keuntungan yang dihasilkan dari kedua produk investasi ini juga berbeda. Pada SBR011, keuntungan yang akan didapatkan berupa kupon mengambang dengan batas minimal 5.5%. Sedangkan pada produk investasi deposito, keuntungan akan didapatkan dalam bentuk bunga dari simpanan berjangka yang kamu miliki. Lantas produk mana yang lebih menguntungkan? 

*disclaimer: rata-rata besaran bunga deposito Bank BUMN

Dari tabel perbedaan di atas dapat dilihat bahwa besaran kupon dari produk investasi SBR011 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata bunga deposito di bank BUMN yang berkisar 2-3,5%. 

Dari sisi pajak, keuntungan SBR011 dikenakan pajak yang lebih kecil yaitu sebesar 10% sedangkan pada deposito dikenakan pajak sebesar 20%. 

Selain itu,  SBR011 juga memiliki minimal investasi yang lebih kecil yaitu sebesar Rp 1 juta sedangkan investasi deposito biasanya dimulai dari Rp5-10 juta.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk investasi SBR011 cocok untuk kamu yang belum memiliki modal yang cukup besar maupun kamu yang sudah memiliki modal yang cukup besar. Karena semakin besar nominal yang kamu investasikan, maka akan semakin besar imbal hasil kupon yang akan kamu terima setiap bulannya. Kedua produk investasi ini juga dapat menjadi sumber  passive income kamu lho,  karena  imbal hasil kupon dari SBR011 dan bunga dari deposito akan diterima setiap bulan oleh investor. 

Dari tabel di atas, kamu juga  bisa menentukan produk investasi mana yang lebih menguntungkan yang sesuai dengan modal dan tujuan investasimu.

Kamu masih berkesempatan untuk membeli SBR011 karena masa penawarannya masih hingga 16 Juni 2022. Jangan sampai ketinggalan karena kuota SBR011 semakin hari semakin menipis. Nikmati passive income dengan investasi SBR011 di Bibit!