Pilih Mana SR018, Deposito Bank Konvensional, atau Deposito Bank Syariah

Surat Berharga Negara (SBN) seri SR018 kini sedang dalam masa penawaran hingga 29 Maret 2023. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan RI menerbitkan SR018 dengan dua tipe yaitu SR018-T3 dengan tenor tiga tahun dan SR018-T5 dengan tenor lima tahun. 

Salah satu keuntungan investasi SR018 adalah pembayaran imbal hasil berupa kupon yang bisa kamu jadikan passive income. Kedua seri SR018 ditawarkan dengan kupon tetap atau fixed rate masing-masing 6,25% per tahun untuk SR018-T3 dan 6,4% per tahun untuk SR018-T5. 

Investasi di SR018 bisa menjadi pilihan investasi yang rendah risiko. Pasalnya, SR018 dijamin oleh negara melalui undang-undang. Namun selain SR018 ini, investasi lainnya yang juga rendah risiko dan sering menjadi pilihan adalah deposito perbankan baik yang konvensional maupun yang syariah. Pertanyaannya, apa  perbedaan investasi SR018 dan deposito perbankan?

Berdasarkan tabel di atas, terdapat perbedaan yang jelas antara investasi di SR018 vs deposito bank syariah dan bank konvensional. SR018 diterbitkan oleh pemerintah untuk tujuan pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sementara itu, deposito adalah produk perbankan di mana nasabah menyimpan uangnya untuk jangka waktu tertentu dan penjaminnya yakni Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Perbedaan yang kedua yakni dari segi nominal minimal investasi. Kamu bisa berinvestasi di SR018 mulai dari Rp1 juta, sementara deposito biasanya mulai dari Rp1 juta sampai Rp10 juta.

Adapun dari segi return, SR018 memiliki kupon lebih dari 6% yang artinya dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata bunga deposito bank yang hanya berkisar 3% per 2022. Tak hanya itu, pajak yang dikenakan untuk imbal hasil SR018 hanya sebesar 10%, sementara pajak deposito dua kali lipat lebih besar yakni 20%.

Investasi SR018 aman karena pembayaran kupon dan nilai pokok investasi dijamin oleh negara melalui UU No 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara. Sementara itu, deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan batasan nominal penjaminan maksimal Rp 2 miliar untuk per individu.

Dari penjelasan tersebut, SR018 bisa dikatakan sebagai alternatif investasi yang lebih menguntungkan dibandingkan deposito namun dengan tingkat risiko yang minim (cenderung nihil) serta mudah dan terjangkau. Untuk hasil keuntungan investasi SR018 dengan jumlah nominal lain, bisa kamu lihat di gambar bawah ini!

Kalau kamu tertarik untuk investasi SR018, yuk buruan mulai dari sekarang! Soalnya, masa penawarannya akan berakhir sampai 29 Maret 2023. Kamu bisa memilih SR018 dengan jangka waktu yang cocok untuk tujuan keuanganmu, baik untuk 2 atau 3 tahun maupun untuk 5 tahun.

Kamu juga bisa berinvestasi di SR018 untuk menyimpan dana nganggur (idle) yang belum akan kamu pakai dalam waktu dekat. Lumayan banget kan, dana nganggur yang kamu simpan berpotensi menghasilkan passive income setiap bulannya. Let your money works!

Writer: Tim Edukasi

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.