Punya Gaji 20 juta Larikan Uang Investasinya ke Tas Branded, Yakin Menguntungkan?

Rena seorang wanita karir dengan pendapatan setiap bulannya sebesar Rp 20juta. Merasa masih single, Rena tidak pernah memikirkan kebutuhan keluarga karena mempunyai keluarga yang berkecukupan. "Orang tua aku masih bekerja dan kebutuhan rumah pun aku hanya sekedar saja, kalau mau kasih kado ke Papa, Mama dan Adik ku saja." 

Dengan gaji sebesar itu, Anda melarikan uangnya kemana?

"Biasanya aku investasikan ke tas branded dan ikut arisan bersama teman-temanku," jelas Rena.

Seberapa yakin investasi tas dan arisan itu aman dan menguntungkan?

"Aku orangnya boros, biasanya aku lebih memilih membelikan barang karena dengan adanya barang dan sertifikat sewaktu-waktu nanti akan aku jual.”

“Walaupun aku nggak tahu biasanya harga pasarannya berapa, tapi yang aku lihat semua teman-temanku bisa menjualnya dengan harga yang lebih mahal.” tambahnya.

Beberapa sosialita menganggap investasi dengan tas branded jadi pilihan utamanya. Menurut Indeks Investasi Mewah Knight Frank, koleksi tas Hermès dan Louis Vuitton bisa menguntungkan, karena nilai tas tangan yang dirancang desainer ternama telah meningkat 13% selama 1 tahun.

Walaupun terdengar menguntungkan, setiap investasi juga punya risiko. Termasuk investasi tas branded. Alasan pertama, kalau kamu tidak teliti dalam merawat dan menjaga tas mewah ini, maka harganya bisa turun drastis. 

Alasan kedua, kalau kamu membeli tas branded A seharga 30 juta. Setelah pemakaian selama 1 tahun, lalu kamu menjualnya di e-commerce dengan keterangan preloved. Maka, kamu tidak bisa memberikan harga jual seharga 30 juta atau lebih, kenapa? Karena membeli tas bekas dengan membeli harga barang baru mungkin harganya sama karena koleksi tas yang kamu punya adalah series lama. Otomatis, kamu tidak akan mendapatkan keuntungan dari dari penjualan tas ini. 

Satu hal yang bisa disimpulkan, pentingnya tahu jenis investasi apa yang akan diinvestasikan. Sebaiknya, tidak tergoda dengan investasi yang tidak pasti. Pilih investasi reksadana di aplikasi Bibit yang aman karena sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan keuntungan yang kamu dapatkan sesuai dengan kondisi market.