Tips Nabung Rutin untuk Nonton Konser dan Festival Musik

Kembali dibukanya perjalanan internasional di Indonesia, acara seperti konser dan festival musik pun mulai kembali digelar. Kabar tentang konser dan festival musik yang akan diadakan pun datang bertubi-tubi, sampai bingung harus pilih konser yang mana karena uang tabungan masih terbatas. 

Mulai dari We The Fest, Head in the Clouds, Djakarta Warehouse Project hingga konser BLACKPINK di tahun 2023 nanti. Nggak menutup kemungkinan juga masih ada pengumuman konser yang akan datang lagi nantinya. Kapan lagi kan idola favorit kita datang ke Indonesia? Simak tips nabung berikut ini supaya bisa beli tiket konser idaman kamu!

Siapkan Tujuannya dan Sesuaikan Budget yang Kamu Punya

Pertama-tama, pastikan harga tiket konser atau perkiraan harga tiket konser yang akan kamu beli masih sesuai dengan budget kamu. Jangan sampai memaksakan beli tiket konser sampai harus menjual banyak barang milik kamu atau mengorbankan lebih dari setengah pendapatan kamu dalam sebulan, bahkan sampai berhutang. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, kamu perlu siapin budget maksimal untuk pengeluaran konser. Misalnya, maksimal total pengeluaran kamu untuk konser adalah Rp2.500.000.

Selain itu, kamu juga perlu mencari informasi tentang kapan jadwal penjualan tiket konser supaya bisa memperkirakan berapa uang yang harus kamu tabung perbulannya dengan membuat rincian dan target dana yang harus dikumpulkan. Dengan ini, kamu jadi bisa nabung jauh-jauh hari supaya periode untuk mengumpulkan uangnya jadi lebih panjang dan uang yang dikeluarkan per bulan nggak terlalu memberatkan.

Buat Rincian dan Target Dana yang Harus Dikumpulkan

Setelah kamu tau berapa budget dan informasi tentang perkiraan pengeluaran yang diperlukan, kamu bisa mulai membuat rincian serta total target dana yang harus dikumpulkan. Selain tiket konser, kamu juga perlu mempersiapkan biaya untuk pengeluaran lainnya seperti akomodasi, makan dan minum, maupun merchandise.

Kalau harga tiket konser yang kamu mau belum dirilis, kamu bisa buat perkiraan harga paling murahnya berdasarkan referensi konser sejenis yang sudah pernah diadakan sebelumnya. Berikut contohnya: Tika memiliki impian untuk nonton konser BLACKPINK pada bulan Maret 2023 nanti. Berdasarkan konser BLACKPINK sebelumnya, harga tiket paling murah yang dijual adalah sebesar Rp1.100.000. Karena Tika memiliki budget Rp2.500.000, maka Tika bisa membeli tiket yang lebih mahal. Jadi, rincian dan target dana yang perlu Tika tabung adalah sebagai berikut:

Tabel di atas adalah salah satu contoh rincian pengeluaran untuk menonton konser. Jika ternyata nanti harga tiket konser tidak sesuai perkiraan, kamu bisa menyesuaikan kembali pembagian nominal pada masing-masing kategori pengeluaran. Tentu saja, setiap orang memiliki prioritas dan kebutuhan pengeluaran yang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan pengeluaran kamu dengan budget dan kebutuhanmu sendiri ya!

Buat Tabungan Khusus untuk Tiket Konser

Seringkali kita suka bingung mau tabung uang kita di mana. Kalau dibiarkan di bank, bisa terpakai untuk hal lain atau malah kena potongan admin. Supaya kamu termotivasi dan menabung lebih fokus, kamu bisa buat tabungan khusus untuk nonton konser. Akan jadi lebih gampang lagi kalau kamu pakai fitur Goal Setting di Bibit! Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur sendiri tujuan keuangan, jumlah nominal yang ingin dikumpulkan, sampai target waktunya. Contohnya sebagai berikut: 

Konsisten dan Rutin dalam Menabung Pakai Autodebit

Untuk bisa mencapai target menabung tepat waktu, tentu saja perlu konsistensi dan rutin dalam menabung. Tapi seringkali ada aja godaan untuk belanja, apalagi pas tanggal kembar. Nah, biar kamu nggak bolong-bolong nabungnya, aplikasi Bibit punya fitur Nabung Rutin dengan Jago Autodebit untuk mempermudah proses nabung kamu! Lewat fitur Nabung Rutin ini, kamu bisa langsung atur jadwal nabung dan nominal nabung kamu. Tipsnya gampang banget, tinggal ikutin langkah-langkah berikut:

  1. Klik Nabung Rutin di halaman Home aplikasi Bibit.

  2. Pilih portofolio dan produk reksa dana untuk nabung rutin.

  3. Masukkan nominal dan pilih metode Jago Autodebit.

  4. Tentukan frekuensi nabung rutin kamu. Bisa dipilih: harian, mingguan, atau bulanan.

  5. Bibit akan menampilkan rincian Nabung Rutin yang baru saja kamu buat, klik “konfirmasi” untuk menyelesaikan.

Gimana, gampang kan? Kamu nggak akan lupa nabung atau keburu dibelanjain duluan uangnya karena dana kamu akan langsung ditabung secara otomatis sesuai pengaturan kamu. Yuk, semangat nabung supaya bisa ketemu idola favoritmu! 😍