3 Pilihan Investasi untuk Simpan Dana Idle Perusahaan

Idle Fund alias dana menganggur adalah uang yang belum akan digunakan dalam waktu dekat. Tidak hanya milik pribadi, sebuah perusahaan juga bisa memiliki dana nganggur yang belum akan digunakan dalam waktu dekat.

Masalahnya, jika uang nganggur tersebut hanya disimpan di rekening bank, maka jumlahnya tidak akan bertumbuh bahkan bisa mandek tidak berkembang. Namun sebaliknya, jika uang nganggur tersebut diinvestasikan, maka berpotensi tumbuh sehingga bisa memberikan imbal hasil.

Berikut adalah 3 jenis investasi yang bisa digunakan untuk menginvestasikan dana nganggur perusahaan!

Pada tabel di atas, terlihat perbedaan yang paling mendasar dari deposito dan reksa dana. Perbedaan tersebut terlihat juga dari return yang dihasilkan jika Anda menempatkan uang di deposito dan reksa dana.

Sementara itu, dibanding deposito, pajak obligasi FR lebih rendah dan tentu saja return juga lebih tinggi. Reksa Dana Obligasi dan Obligasi FR sama-sama bisa dicairkan kapanpun saat dibutuhkan.

Simulasi Investasi Dana Idle Perusahaan

Berikut adalah simulasi investasi di instrumen reksa dana dan Obligasi FR. Anda bisa melakukan diversifikasi yaitu menempatkan dana idle perusahaan di beberapa instrumen seperti deposito, reksa dana obligasi dan Obligasi FR. Tujuannya adalah untuk meminimalisir risiko investasi yang bisa saja terjadi. Berikut simulasi investasi di reksa dana dan Obligasi FR!

Investasi Dana Idle di Reksa Dana

Berdasarkan simulasi di atas jika Anda menempatkan dana idle di reksa dana selama setahun, maka potensi return-nya adalah sebesar Rp 50 juta. Sehingga total nilai investasi Anda menjadi Rp1.050.000.000 (return 5% per tahun).

Investasi Dana Idle di Obligasi FR

Kemudian di bawah ini adalah jika Anda investasi di Obligasi FR0070 yang memiliki return 5,18% per tahun. Adapun jatuh tempo Obligasi FR0070 adalah 24 Maret 2024. Maka simulasi perhitungan jika Anda investasi sebesar Rp1 miliar adalah sebagai berikut!

  • Jika Anda membeli Obligasi FR per 24 Agustus 2023 di Aplikasi Bibit sebesar Rp1 miliar, maka modal investasinya adalah sebesar Rp1.017.000.000

  • Setiap 6 bulan, Anda akan memperoleh kupon sebesar Rp37,6 juta.

  • Sehingga, proyeksi nilai investasi Anda pada 15 Maret 2024 adalah sebesar Rp1.041.373.900

Cara Daftar Bibit Bisnis untuk Investasikan Dana Perusahaan

Tertarik menginvestasikan dana nganggur di reksa dana bersama Bibit Bisnis? Caranya mudah! Jika Anda sudah menjadi pengguna Bibit sebelumnya, bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”.

Jika belum ada akun Bibit, Anda tetap bisa daftar dengan membuka halaman situs berikut ini! Hubungi Wealth Specialist kami untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Bibit Bisnis dengan e-mail wealth@bibit.id!

Investasi dana perusahaan lebih praktis di Bibit Bisnis!