BARU! Beli Obligasi FR di Bibit!

Ada yang baru di Bibit! Obligasi FR, produk investasi yang belum banyak diketahui dan dimiliki oleh masyarakat karena keterbatasan akses kini bisa dibeli di Bibit. Minimal pembelian pun dimulai dari Rp1juta. 

Apa itu Obligasi FR?

Obligasi Negara Indonesia seri FR (Fixed Rate) adalah surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dengan kupon bersifat tetap yang dibayar setiap 6 bulan hingga jatuh tempo. Pemerintah Indonesia 100% menjamin pengembalian pokok dan kuponnya. 

Obligasi FR dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder sebelum jatuh tempo dan memiliki potensi capital gain apabila dilakukan penjualan dengan harga diatas harga pembelian pada saat sebelum jatuh tempo.


5 Alasan Kenapa Obligasi FR itu Menarik

1. Dapat Diperdagangkan

Obligasi FR likuid dan bisa dijual kapan saja sebelum jatuh tempo.

2. Dapat Kupon Setiap 6 Bulan

Passive income yang pasti ditransfer ke rekening kamu setiap 6 bulan dari Kementerian Keuangan tanpa peduli kondisi ekonomi naik turun.

3. Aman Dijamin Negara

Instrumen investasi yang aman karena pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara Indonesia. 

4. Yield Lebih Tinggi Dibanding Deposito

Untuk instrumen investasi yang sangat rendah risiko dan mempunyai tingkat likuiditas yang tinggi, Obligasi FR memberikan yield yang lebih tinggi dibanding deposito. Investasi kamu juga dijamin negara dengan nilai tanpa batas sedangkan deposito di bank umum hanya dijamin hingga Rp2 miliar dan bunga 4.25% oleh LPS. Saat ini, yield Obligasi FR mencapai 7%.

5. Kepastian return yang bisa kamu kunci ketika membeli

Investor bisa tahu persis berapa total return dan passive income yang pasti akan mereka terima jika memegang Obligasi FR hingga jatuh tempo. Bukan perkiraan return berdasarkan masa lalu.


Keuntungan Tambahan Jika Investasi Obligasi FR

1. Kepastian return yang bisa kamu kunci diawal pembelian

Yield beli yang sudah dikunci di awal pembelian tidak akan berubah selama memegang Obligasi FR sampai jatuh tempo. Investor bisa tahu persis berapa total return pasti yang akan mereka terima hingga jatuh tempo.

2. Passive income yang rutin

Kupon yang pasti ditransfer ke rekening kamu setiap 6 bulan dari Kementerian Keuangan tanpa peduli kondisi ekonomi naik turun. Kupon Obligasi FR diperhitungkan setiap hari. Jadi kamu tetap berhak mendapatkan kupon bagianmu walaupun kamu jual Obligasi FR sebelum tanggal pembayaran kupon.

3. Obligasi FR mengalahkan deposito

Saat ini rata-rata deposito bank umum tenor 1 tahun ada di 3,8%. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin deposito bank umum di indonesia sampai dengan Rp2M dan bunga 4,25% per bank per nasabah. Obligasi Negara FR, yang 100% dijamin negara tanpa batas maksimal, saat ini mempunyai yield di kisaran 5,6% - 7%.

Obligasi FR tersedia di Bibit Plus, gabung waitlist untuk menjadi yang pertama mencoba kemudahan investasi Obligasi FR di Bibit!