Apa Bedanya Tabungan Rekening dengan Nabung Reksadana? Ini Simulasi Perbedaannya!

Sebagian orang masih bingung milih nabung uang di bank atau nabung reksa dana. Bentuk yang disetor sama-sama uang, nah terus apa ya bedanya? Yuk coba lihat penjelasannya masing-masing dulu ya, Sob.

Tabungan di Rekening

Kalau rekening itu sistem nabung di bank yang memang milik pribadi, nah kenaikannya itu tergantung bunga. Biasanya pertahunnya naik 1%, jadi nggak berisiko.

Nabung Reksa dana

Sementara reksadana itu kumpulan dana investasi dari para investor. Nah, jenis investasinya sendiri ada saham, pasar uang, atau obligasi. Potensi returnnya di atas inflasi, tapi ada risikonya.

Keuntungannya

Nah, bedanya nabung di rekening itu keuntungannya bunga bisa naik 1% setiap tahun. Nah, kalau nabung reksadana keuntungannya di atas inflasi. Makin banyak cuanmu!

Kalau kamu masih bingung, tenang aja di aplikasi Bibit ada fitur ‘Simulasi Investasi‘ yang bisa kasih lihat grafik perbandingan antara tabungan biasa dengan investasi reksa dana kamu, Sob.


Apa Bedanya Nabung di Bank dan Nabung Reksadana Ini Simulasi Perbedaannya 2.jpeg

Ayo kita coba simulasiin. Misalnya kamu masukin investasi awalnya 50ribu dan investasi perbulannya 100ribu aja, nggak lebih mahal dari nongkrong di cafe tiap minggu kan?

Nah, lihat hasilnya Sob! 

Bayangin aja, cuma modal 50ribu dan investasi 100 ribu perbulan aja kamu bisa ngasilin 103jutaan selama berinvestasi 20 tahun.

Apa Bedanya Nabung di Bank dan Nabung Reksadana Ini Simulasi Perbedaannya.jpeg

Kalau kamu lebih sabar nunggu waktu 10 tahun lagi, waw kamu bisa dapet 2x lipat Sob, dari 103jutaan bisa ngantongin saldo 372jutaan. Ingat, simulasi investasi ini dengan catatan inflasi 12,93% dengan level risiko Moderat, nah sementara tabungan biasa dihitung dari pertumbuhan bunga tabungan 1,40% pertahun ya, Sob.

Nah, itu dia hasil investasi dari sisa uang jajan kamu, apalagi kalo kamu investasiin uang kamu lebih dari itu, Sob. Pasti pundi-pundi uang kamu lebih banyak lagi. Nggak mau kan ngabisin sisa waktu sekarang buat hambur-hamburin uang apalagi belum mulai investasi di Bibit.