3 Taktik Traveling Low Budget yang Bisa Kamu Coba

3 Taktik Traveling Low Budget yang Bisa Kamu Coba-fin.jpg

Traveling bukan cuma sekedar melepas penat aja, tapi justru sekarang jadi tren. Bayangin aja selama 2018 dunia pariwisata didominasi anak muda. Dari data BPS, jumlah wisatawan di Indonesia mengalami peningkatan. Sebanyak 24,2% wisatawan ternyata masih umur 15 tahun, nah justru umur 25-34 tahun hanya 15,3% saja, lho!

Kenapa bisa beda jauh perbandingannya? Karena buat ‘anak muda jaman now’ cari spot destinasi yang Instagramable itu jadi gaya hidup.Istilahnya, “demi konten”, iya nggak? Nah, uniknya kalangan muda ini punya taktik buat budget-in dana traveling sampai benar-benar low budget!

Pilih Transportasi yang Lebih Murah

Rencanakan perjalanan traveling tentunya harus cari tahu dulu transportasinya. Kamu bisa pilih mana yang relatif lebih murah, lewat jalur darat atau udara? Biasanya perjalanan darat lebih lama, tapi budget-nya lebih murah. Sementara, naik pesawat akan lebih cepat, tapi uang yang harus kamu keluarin juga lebih mahal.


Cari Penginapan yang Promo

Setelah itu, kamu juga harus riset berapa harga penginapannya, mulai dari hotel, hostel sampai riset penyewaan rumah penduduk di sana. Biar budget lebih diperketat, kamu bisa cari penginapan yang lagi promo sebelum pergi ke tempat tujuan kamu, tapi kalau mau langsung di tempat kamu bisa cari tahu langsung rumah penduduk yang disewakan, karena harganya pasti lebih murah.

Berburu Spot yang Gratis

Sekarang banyak tempat wisata yang punya harga tiket masuk yang gila-gilaan, contohnya Taman Safari Indonesia, harga masuknya saja sudah 230 ribu per orang. Nah, kalau mau traveling yang low budget kamu bisa pilih tempat yang gratis, misalnya ke pantai, curug ataupun hutan pinus yang masih belum banyak terjamah orang lain. Biasanya belum ada pengelola jadi nggak ada biaya tiket masuk. Lebih irit kan?

Gimana, udah siap traveling akhir tahun ini? Yuk, mulai bikin list-nya dari sekarang!