4 Bekal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Memulai Bisnis

4 Bekal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Memulai Bisnis.jpg

Seorang entrepreneur muda, Merrie Elizabeth tentunya nggak asing lagi di telinga. Lihat saja Quo Studio sekarang jadi salon kecantikan yang digandrungi anak milenial. Selama menjabat sebagai Founder, Merrie mendapatkan penghargaan dari Forbes Asia sebagai anak muda yang mampu sukses saat usia dibawah 30 tahun. Kesuksesannya di kalangan milenial memang nggak bisa diraguin lagi, tapi nggak cuma kisah suksesnya saja, Merrie juga sharing jatuh-bangun di dalam bisnisnya.

Merrie mengawali bisnisnya dengan modal awal yang ia kumpulkan dari hasil tabungan dan investasi. Selama menjalankan beauty salon ini, ternyata ia berhasil membuka cabang di Surabaya. Tapi sayangnya Merrie mengalami kerugian, nggak tanggung-tanggung sampai 350 juta. 

"Setelah menjalani up and down dan mencoba investasi sekarang aku ngerasa lebih free". Ujar Merrie, karena ia merasa sudah melakukan investasi dari segi investasi ke diri sendiri sampai keuangannya. 

Invest in yourself: Health

“Kalau kita secara fisik nggak strong, kita nggak bisa bikin keputusan yang logic”. Tegas Merrie. Secara logika, kalau kamu nggak aware sama kesehatan diri sendiri, bagaimana kamu bisa fokus kerja dan berpikir jernih selama mengambil keputusan. Kamu bisa coba mulai dari makanan sehat dan olahraga dari sekarang.


Invest in yourself: Mind

Selain fisik, pikiran juga harus dijaga lho, karena pikiran larinya akan ke fisik. Kalau pikiran kamu nggak sehat, seperti negative thinking, panic attack dan depresi  efeknya bisa timbul insomnia  “Saya salah satu pasien berobat jalan karena saya pernah depresi ketika saya rugi ratusan juta”. Salah satu trik Merrie agar selalu sehat pikiran dengan membaca buku, dengar podcast dan menonton Youtube yang entertaining. Kalau pikiran kita sehat dan berisi hal-hal baru yang positif kita bisa jalani semuanya dengan baik, setuju?

Invest in yourself: Soul

Kalau badan sehat, pikiran positif, kamu juga harus siapin jiwa yang lebih chill. “Ketika jadi entrepreneur jangan melihat ke atas”, karena banyaknya orang-orang sukses di atas lalu kita down. Lebih baik nggak usah membanding-bandingkan “berpikir positive thinking aja, syukuri saja yang masih bisa dikerjakan”, ungkap Merrie.

Invest in yourself: Financial

Merrie mengaku pertama kali belajar financial planning saat kuliah, “mulai ikut workshop dan analisa karena sebenarnya poin investasi hanya apa planning life goals kalian”. Kamu bisa mulai menentukan plan berinvestasi dari jangka pendek, menengah sampai jangka panjang. “Kalau saya 1-3 tahun bayar cicilan rumah mobil, 3-5 tahun sah punya rumah, 5-10 tahun baru untuk anak”.

Sementara pembagian alokasi budget yang Merrie tentukan, 20% untuk cicilan, 30% untuk invest, dana darurat 10%, dan 40% kebutuhan hidup. Ini hanya porsi yang dilakukan Merrie, “saya memilih perhitungan ini karena saya ingin hidup nyaman”.  Karena menurut Merrie tujuannya berinvestasi untuk melawan inflasi “inflasi tidak bisa digantikan, justru akan naik terus, kita harus melawan inflasi”, tegasnya.

Menurut Merrie investasi itu penting banget nih, apalagi buat kalian anak milenial yang baru melek investasi. Tenang aja kamu nggak perlu takut buat memulai, karena di aplikasi Bibit nantinya kamu dibantu Robo Advisor buat menaruh modal investasi kamu ke beberapa jenis reksadana sesuai profil kamu. Jadi, lebih mudah hanya sekali klik langsung bisa investasi.