Anti Boros! Gaya Hidup Minimalis Bikin Kamu Lebih Kaya

apartment-chair-contemporary-509922.jpg

Apa itu hidup minimalis? Gaya hidup ini bukan sekadar mengurangi pembelian barang-barang seperti pakaian dan barang-barang mewah, tapi juga merubah pemikiran kamu untuk mengurangi “Obsesi” terhadap suatu barang.

Berbelanja memang mampu memberikan kepuasaan dan kebahagiaan, hanya saja itu hanya bersifat sementara. Jika tidak segera disadari, akan membuang-buang waktu tenaga dan keuanganmu.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap berinvestasi reksadana dengan pola hidup minimalis:

Fokus Pada Kebutuhan

Banyak orang yang membeli barang hanya karena diskon tetapi belum membutuhkannya. Sebelum membeli barang tanyakan dahulu pada diri kamu apakah butuh atau sekedar keinginan. Fokuslah pada barang yang dibutuhkan saja, dengan begitu pengeluaranmu tidak membengkak.

Mensyukuri Yang Sudah Ada

Terobsesi untuk tampil “up to date” membuat kamu semakin konsumtif. Kalau hanya mengikuti keinginan saja tidak aka nada habisnya, kamu perlu mensyukuri apa yang sudah kamu punya dan cukup membeli yang kamu butuhkan.

Membeli Barang yang Multifungsi dan Berkualitas

Membeli barang berkualitas dan multifungsi akan menghemat pengeluaranmu karena tidak perlu membeli barang terlalu banyak dan lebih tahan lama daripada barang yang lebih murah. Selain itu perawatannya juga tidak begitu rumit.

Materi Bukan Tolak Ukur Kekayaan

Terkadang barang yang kamu miliki tidak menambah kualitas kehidupanmu karena yang sering terjadi kamu membeli barang hanya untuk membuat orang lain terkesan kepadamu. Ubah pola seperti itu, karena akan membebani keuanganmu seperti membayar pajak berlebih.

Rawat Barang Dengan Baik

Semakin kamu piawai dalam merawatnya semakin awet barang tersebut, alhasil kamu tidak akan membuat keuanganmu membengkak karena pengeluaran tambahan untuk mengganti barang yang rusak.

Memang sulit untuk keluar dari kebiasaan yang konsumtif, diperlukan konsisten dalam menjalaninya agar dapat merasakan manfaat dari gaya hidup minimalis terutama pada keuanganmu.

Kalau sudah bisa hemat selanjutnya adalah menabung. Yuk nabung reksadana di Bibit, lebih mudah dan cocok untuk pemula karena dibantu oleh robot.

4.png