Sukses Investasi Reksa Dana dengan Strategi Nabung Rutin

Sukses Investasi.jpg

Banyak orang bilang kalau mau sukses investasi, ya nabung rutin. Kok, jadi nabung rutin? Kan, investasi beda dengan nabung? Sebenarnya, nggak jauh beda antara investasi dan menabung, yang beda cuma instrumen atau tempatnya, dan jangka waktunya (jangka panjang dan jangka pendek).

Menabung dan investasi menunjukan niat kamu dalam menyisihkan uang untuk tujuan keuangan. Nah, sekarang kamu bisa nabung rutin sambil investasi reksa dana di aplikasi Bibit.id. Kamu tinggal klik Nabung Rutin di halaman utama, pilih portofolio kamu, tentukan nominalnya. Kemudian, pilih metode pembayarannya, tentukan tanggal, klik Terapkan deh!

Setelah menentukan jadwal nabung rutin, nanti kamu akan dapat notifikasi saat waktu yang sudah ditentukan, klik bayar, selesai deh.

Strategi menabung rutin diambil dari teori “Dollar Cost Averaging” (DCA), kamu membeli dalam jumlah uang yang sama di investasi reksa dana pilihan kamu pada jadwal reguler, tidak peduli harga (NAB) reksa dana pada saat itu.

Dollar Cost Averaging akan bekerja dengan baik ketika kamu konsisten, untuk mendapatkan hasil maksimal kamu perlu menabung secara jangka panjang. Tidak perlu terburu-buru menjadi kaya, karena berinvestasi memang butuh waktu untuk menunjukkan hasil. Keputusan investasi kecil yang kamu lakukan sekarang bisa memiliki dampak besar manakala dilakukan dari waktu ke waktu.

Harga Beli Reksadana Per Bulan.png

Contohnya, kamu menyisihkan uang setiap tanggal 25 tiap bulannya, misalnya 1 juta rupiah atau idealnya kamu bisa gunakan persentase sebesar 20% dari pendapatan kamu untuk investasi.

Tidak peduli harga Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksadana mengalami kenaikan kamu tetap membeli sebesar jumlah 1 juta rupiah. Kalaupun turun, kamu tetap membeli dalam jumlah yang sama sebesar 1 juta rupiah pada tanggal 25 setiap bulannya.

Keuntungan dari metode ini adalah akan membuat kamu mengambil keputusan investasi lebih rasional dan terhindar dari keputusan investasi yang emosional, sehingga kamu terhindar dari resiko yang besar atau terkena imbas dari kejatuhan pasar modal.

Selain itu, kamu sudah bisa memulai investasi dengan cara menyicil dan mendapatkan return yang stabil dalam jangka panjang tanpa perlu menganalisis kondisi pasar dan waktu investasi yang tepat dalam berinvestasi.

Nah, kalau ada cara yang mudah dan menguntungkan, bahkan resiko juga terjaga, kenapa harus susah-susah menganalisis kondisi pasar? Lebih parahnya lagi, cuma tebak-tebak buah jambu alias menilai secara subjektif aja, jauh lebih baik untuk rutin dan konsisten.

Yuk, mulai investasi reksadanamu bersama Bibit.id, investasi rutin hanya 1 kali klik dan lebih mudah dengan bantuan robo-advisor.

Investasi dengan bantuan Robo.jpg