SIDO: Kinerja Solid Berpotensi Berlanjut, Upside Terbuka ke Rp800/Saham

Harga saham Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul ($SIDO) sudah naik  +38% sejak publikasi blog terkait mini unboxing SIDO di Bibit pada Januari 2024 lalu.

SIDO mencatatkan kinerja kuat pada 1Q24 dengan laba bersih mencapai Rp390 M (+30% YoY, +7% QoQ). Hasil ini melampaui ekspektasi karena setara dengan 38% estimasi FY24 konsensus dan 37% estimasi FY24 Stockbit. 

Kinerja solid dicatatkan pada hampir seluruh aspek, dengan rincian sebagai berikut:

  • Pendapatan tumbuh +16% YoY dan terjadi pada seluruh segmen perusahaan (herbal dan suplemen, F&B, dan farmasi) – Manajemen SIDO mengatribusikan kenaikan pendapatan ini kepada: 1) pembelanjaan terkait kampanye pemilu; 2) musim Ramadan dan Lebaran; dan 3) berlanjutnya pertumbuhan kencang pendapatan ekspor (+44% YoY). Hal ketiga patut menjadi catatan positif sebab kontribusi ekspor semakin meningkat dan kini menyumbang ~7% dari total penjualan per 1Q24 (vs. FY22: ~4%, FY23: ~6%).

  • Gross margin meningkat berkat normalisasi bahan bakuGross margin mencapai 59,3% pada 1Q24, jauh lebih tinggi dibandingkan level pada 1Q23 meski tidak setinggi pada 4Q23. Manajemen menyebut bahwa beberapa bahan baku mengalami penurunan harga hingga 20–30% YoY. Sama seperti pendapatan, peningkatan gross margin juga terlihat pada seluruh segmen perusahaan.

  • Beban operasional lebih efisienOpex pada 1Q24 hanya tumbuh +10% YoY, jauh lebih lambat dibandingkan pertumbuhan pendapatan. Meski pengeluaran iklan dan promosi (+74% YoY) meningkat drastis, hal tersebut dapat dikompensasi oleh penurunan kompensasi karyawan (-24% YoY), sehingga opex tetap efisien. Manajemen menjelaskan bahwa turunnya kompensasi karyawan disebabkan oleh headcount management dan penurunan bonus akibat kinerja 2023 berada di bawah target perusahaan.

  • Analyst Stockbit memprediksi bahwa kinerja solid SIDO dapat berlanjut pada kuartal-kuartal mendatang selama 2024. Meskipun tidak setinggi pertumbuhan pada 1Q24, kami meyakini bahwa pertumbuhan laba bersih secara tahunan pada 2Q24 dan 3Q24 masih akan cukup tinggi akibat low base effect. Meningkatnya ketidakpastian cuaca dari El Nino ke La Nina juga berpotensi membuat permintaan produk kesehatan tetap tinggi. Selain itu, berlanjutnya pertumbuhan kencang pada ekspor dapat menjadi sumber pertumbuhan. SIDO berencana memasuki pasar Vietnam, setelah lebih dulu masuk di pasar Malaysia dan Filipina.

Kini kami mengestimasikan laba bersih SIDO dapat mencapai Rp1,1 T pada 2024, tumbuh +16% YoY. Manajemen SIDO sendiri masih mempertahankan guidance yang diberikan pada awal tahun, yakni pertumbuhan pendapatan dan laba bersih minimal +10% pada 2024. 

Oleh karena itu, kami menilai masih terdapat ruang lanjutan bagi kenaikan harga saham SIDO, meski telah naik beberapa bulan terakhir. 

Dengan prospek perusahaan yang positif, kami memprediksi bahwa valuasi SIDO dapat mengalami re-rating ke level yang lebih tinggi. Menggunakan estimasi laba bersih sebesar Rp1,1 T dan valuasi 22x 1-Year Forward P/E – yang setara dengan 1 Standar Deviasi di atas rata-rata historis 5 tahun – harga saham SIDO berpotensi naik ke Rp805/lembar. Sebagai bonus, SIDO berencana membayar dividen tahun buku 2023 sebesar lebih dari 95%. Jumlah tersebut setara dengan lebih dari Rp17,5/saham, setelah dipotong dividen interim yang telah dibayarkan pada November 2023.

Kamu juga bisa temukan key information lainnya terkait SIDO pakai fitur Key Stats di Bibit. Data lengkap dan real-time!

Writer: Investment Analyst Stockbit

Disclaimer: Semua konten dalam artikel ini dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual saham tertentu. Always do your own research!