Menyiapkan Dana Pendidikan, Seberapa Penting?

Untitled-2.jpg

Kamu mungkin pernah ngerasain yang namanya uang SPP nunggak atau telat bayar sampai diomelin guru kamu, bahkan orang tua dipanggil ke sekolah. Nah, ada caranya biar hal itu nggak terjadi ke anak kamu nanti.

Kenapa sih menyiapkan dana pendidikan itu penting? Bisa aja waktu kejadian uang SPP kamu nunggak, karena orang tua nggak ada persiapan buat kamu sekolah. Makanya, dana pendidikan kalau tidak disiapkan dengan benar. Pastinya, setiap orangtua akan selalu kerepotan, apalagi pas masuk tahun ajaran baru.

Ekonomi Tidak Selalu Baik

Keadaan ekonomi suatu negara selalu fluktuatif. Orang tua bisa saja menganggap bahwa penghasilannya sekarang aman-aman aja, mengingat baiknya keadaan ekonomi sekarang ini. Sehingga mereka yakin bila si anak masuk sekolah nanti, dananya pasti tersedia. Tetapi, bila keadaan ekonomi menurun, bukan tidak mungkin penghasilan orang tua menjadi berkurang atau malah berhenti sehingga bisa saja dana pendidikan untuk si anak tidak akan siap bila dibutuhkan.

Fisik Manusia Tidak Selalu Sehat

Jangan anggap bahwa fisik manusia akan selalu sehat untuk bisa terus bekerja dan mendapatkan penghasilan. Kalau kamu nggak menabung dan mempersiapkan dana pendidikan anak dari sekarang, maka bila suatu saat kelak fisik kamu tidak memungkinkan untuk bisa terus bekerja, jangan harap dana pendidikan untuk anak kamu bisa tersedia.

“Saya belum menikah, haruskah menyiapkan dana pendidikan anak?” pertanyaan ini mungkin muncul di benak kamu-kamu yang belum punya anak atau bahkan belum nikah. Untuk kalian yang “belum”, prioritas kamu saat ini adalah dana darurat dan dana pensiun. Kamu harus tahan terhadap hasrat untuk beli rumah mewah, mobil mewah, atau bahkan fashion branded.

Tingginya biaya pendidikan akan lebih mudah tercapai dengan investasi. Yuk, mulai investasi reksadana bersama Bibit.id.

1200×12000.jpg