Tips Hemat, Tidak Boros Dalam 30 Hari

tips hemat.jpg

Di zaman sekarang sudah banyak cara hemat yang bisa kamu ikuti untuk mencapai tujuan keuangan yang kamu inginkan. Ditambah dengan perkembangan zaman yang kian canggih, banyak aplikasi yang bisa membantu kamu supaya tidak boros.

Dengan berhemat, kamu bisa mengalihkan uangmu untuk ditabung dan investasi untuk kebutuhan dasar kamu seperti dana darurat dan dana pensiun. Dengan begitu, financial freedom pun akan dengan mudah kamu gapai.

Tapi, mengubah kebiasaan konsumsi tidaklah mudah, apalagi untuk mencapai tingkat konsisten. Menahan diri untuk katakan tidak pada keinginan atau takut melewatkan momen karena tidak ada budget untuk nongkrong memang berat.

Sebenarnya berhemat itu bukan berarti kamu harus tersiksa, atau malah ujung-ujungnya menyerah karena merasa berat. Banyak tips berhemat yang bisa kamu terapkan supaya kamu tidak boros tanpa harus tersiksa. Coba deh, ikuti tips berhemat berikut ini:

Buat Tujuan Keuangan

Investasi dan menabung akan terasa sulit jika tanpa tujuan. Dalam investasi kamu harus memiliki tujuan yang kuat agar tidak kalah dengan keinginan kamu yang buat kamu tidak konsisten bahkan mengambil hasil investasi kamu hanya untuk keinginan yang sifatnya konsumtif. Daripada kerja kerasmu sia-sia lebih baik kamu fokus ke tujuan yang lebih besar agar saat pensiun nanti semua kerja keras kamu terbayar.

Selain itu dengan tujuan kamu jadi lebih terarah dan tahu jumlah yang harus kamu sisihkan atau investasikan setiap bulannya. Kamu cukup menginvestasikan diawal kamu gajian agar lebih enak menghabiskan sisanya tanpa takut jadi boros.

Sisihkan Uang Kembalian

Menyisihkan dengan jumlah yang banyak memang terasa berat. Jika kamu sering melakukan pembayaran dengan uang cash kamu bisa coba saran ini. Kamu bisa menyisihkan uang kembalian kamu kedalam celengan dahulu, kemudian setelah sebulan, kamu bisa investasikan agar mendapat keuntungan yang maksimal.

Atau jika kamu termasuk cashless society , kamu bisa memulai investasi dari hasil cashback kamu untuk diinvestasikan. Apalagi Investasi reksadana sekarang udah bisa dimulai dari 10 ribu! Jadi, kamu bisa tetap belanja sekaligus berhemat.

Gunakan Promo atau Manfaatkan Fasilitas Member

Gak kuat tolak ajakan teman nongkrong. Zaman sekarang banyak banget yang menawarkan keuntungan jika kamu menggunakan aplikasi mereka, mulai dari sistem member, promo cashback dan diskon yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong bersama teman-teman kamu. Dengan manfaat tersebut, kamu mengikuti lifestyle kamu tanpa boros. Tapi, tetap harus mengontrol diri ya, jangan lupakan tujuan keuangan kamu!.

Nah, jangan berfikir bahwa hemat itu susah, itu hanya karena kamu belum tahu cara berhemat yang mudah. Setiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk berhemat, jadi jika kurang cocok dengan caranya jangan langsung menyerah. Cobalah cara lain yang mungkin cocok dengan kepribadian kamu.

Jika kamu sudah mulai berhemat, jangan lupa buat investasi ya! Mulai investasi reksadana hanya di Bibit.id. Gapai tujuan keuanganmu lebih mudah dengan investasi reksadana.

5.png