Bibit Talks Vol. 03: Money Hacks

Kamis (30/1), Bibit Talks Vol 3 kembali hadir dengan special guest Aliyah Natasya, seorang financial planner dan founder dari komunitas Investashe. Sesi ini berfokus tentang money hacks, terutama pada Money Habit dan Investing Tips. Money habit membahas bagaimana kebiasaan kamu dalam menggunakan uang. Sedangkan, investing tips akan membantu meningkatkan kekayaan kamu.

DSC01803.png

Financial Check-up

Tujuan financial check-up adalah agar kamu sadar akan masalah keuangan yang serius, sehingga bisa ditangani sebelum kondisinya memburuk.

Ada 3 elemen finansial yang harus kamu tahu:

  1. Asset, segala sesuatu yang kamu miliki yang memberikan pemasukan, bukan menambah beban keuangan.

  2. Debt, bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu utang sehat dan utang tidak sehat. Utang sehat adalah utang yang menjadi hal produktif untuk menambah penghasilan.

  3. Risk, setiap keputusan keuangan memiliki risiko. Sehingga, kamu wajib mengenali risiko yang kamu ambil dan paham cara menangani risiko tersebut.

Pahami 3 hal di atas dan kamu bisa menggunakan 5 indikator di bawah ini untuk mengecek kesehatan keuangan kamu:

  • Jumlah hutang tidak lebih dari 30% pendapatan 

  • Pengeluaran bulanan tidak lebih dari 50% pendapatan 

  • Memiliki dana darurat minimal 6 bulan biaya hidup

  • Memiliki asuransi jiwa 

  • Memiliki investasi

Jika sudah memenuhi semuanya, maka kondisi keuangan kamu dikatakan sehat. Segera ambil langkah untuk membenahinya bila ada salah satu yang tidak terpenuhi. Nah, supaya kamu tahu cara membuat keuangan lebih sehat, mari kita mulai pembahasannya.

Money Habit

Segala keputusan yang kita ambil sangat dipengaruhi oleh kebiasaan. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membentuk money habit yang baik, yaitu:

1. Joy of Missing Out (JOMO)

Dengan JOMO, kamu mungkin tidak lebih update dari lingkungan sekitar, tapi kamu bisa selektif terhadap apa yang harus dilakukan di hidup kamu. Dengan memilih prioritas terpenting dalam hidup, kamu bisa punya waktu yang lebih berkualitas dan lebih berterima kasih terhadap apapun kondisimu sekarang.

2. Financial detox

Kadang kita terlalu banyak membeli barang – barang yang tidak diperlukan sehingga sering membuat pengeluaran yang tidak penting. Solusinya adalah dengan financial detox. Ini bertujuan agar kamu tidak membeli sesuatu yang tidak penting atau melakukan spending yang terkutuk.

DSC018022.png

Untuk melakukannya, kamu bisa memulai hal berikut ini:

  • Catat pengeluaran yang penting dan yang tidak penting.

  • Buat kalender detoks. Kamu bisa tandai di kalender kamu, hari apa saja yang mau dikhususkan untuk tidak mengeluarkan uang demi hal – hal yang kurang perlu.

3. Minimalism

Dengan melakukan minimalism berarti kamu akan hidup dengan barang yang secukupnya saja. Kamu bisa mulai merubah kebiasaan dalam berbelanja.

De-cluttering adalah cara lain untuk mendukung minimalism yaitu dengan berbenah dan menyortir barang–barang yang kamu miliki.

Investing Tips

Setelah tau bagaimana membangun kebiasaan yang baik, kamu bisa punya sisa uang yang lebih banyak. Selanjutnya kamu juga harus tau bagaimana menaikan sisa uang kamu dengan investasi.

1. Opportunity cost

Opportunity cost adalah apapun yang harus kamu korbankan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar di masa depan.

2. Magic of compounding interest

Salah satu cara paling efektif untuk memperbesar uang kita adalah dengan compounding interest. yaitu bunga yang berbunga. Di mana kita bisa dapatkan bunga berbunga? Investasi adalah jawabannya.

Oke, sekarang kamu sudah tau tentang cara menekan pengeluaran dan bagaimana berinvestasi yang benar. Selanjutnya tinggal kamu praktekkan saja ya.

Pantau terus blog dan sosial media Bibit untuk mendapatkan tips investasi dan informasi acara Bibit Talks selanjutnya. Kamu bisa mendapatkan ilmu yang lebih lengkap serta mengajukan pertanyaan kamu ke pembicara-pembicara lainnya.

Salam Cuan~