Manajer Investasi Terbaik Rekomendasi Robo Advisor Bibit

Manajer Investasi Terbaik Rekomendasi Robo Advisor Bibit.jpg

Bila kamu ingin berinvestasi reksadana, pasti kamu mau uang kamu dikelola dengan baik bukan? Itulah kenapa mencari Manajer Investasi terbaik adalah hal yang tidak bisa dilewatkan ketika mencari produk reksadana. Manajer investasi menjadi penting karena merekalah yang akan menentukan keberhasilan investasi kamu juga. Bagaimana sih cara mencari Manajer Investasi Terbaik? Simak selengkapnya disini yuk.

Buat kamu yang pertama kali mendengar istilah Manajer Investasi, mungkin masih bingung, siapa sih MI itu sebenarnya? 

MI adalah pihak (bisa perusahaan atau perorangan) yang diberikan kewenangan untuk mengelola dana investasi sekelompok masyarakat untuk diinvestasikan ke dalam portofolio investasi yang dinamakan reksa dana. Yang perlu diingat adalah reksa dana merupakan sebuah kumpulan dana yang berasal dari berbagai investor, di mana dana tersebut dikelola secara bersama dalam sebuah portofolio investasi.

Saat ini ada puluhan manajer investasi di Indonesia yang menjual produk reksadana. Tentu bagi kalian yang baru pertama kali mulai investasi reksadana, mungkin mengalami kesulitan dalam memilih manajer investasi yang terbaik diantara banyaknya pilihan.

Sekalipun bisa memilih sendiri, terkadang pilihannya belum tentu yang paling tepat. Misalnya, investor hanya memilih Mi berdasarkan yang memberikan keuntungan tertinggi per-tahunnya saja. Padahal, keuntungan yang tinggi di masa lalu, belum tentu terulang di masa depan, belum lagi ada resiko besar dibalik keuntungan besar itu.

Kalau begitu, apa saja sih yang wajib dilihat investor agar bisa mendapatkan Manajer Investasi terbaik?

Izin Usaha

hal yang paling penting untuk mendapatkan manajer investasi terbaik adalah Izin bahwa Mi berhak untuk mengelola dana investor. Izin inni berasal dari pihak otoritas pasar modal, yaitu Otoritas Jasa Keuangan. Lalu bagaimana caranya memastikan seseorang atau sebuah lembaga MI telah mempunyai izin sah dari OJK? Kamu dapat melihatnya di prospektus reksa dana, yang biasanya untuk perizinan umumnya ada di sana. Kamu juga dapat mengecek ke institusi yang lain, namun harus independen, seperti website OJK.

Kamu dapat melakukan pengecekan secara silang antara informasi yang ada di prospektus dengan informasi yang ada di otoritas. Pada umumnya di web juga terlihat beberapa MI yang memang mendapatkan sanksi atau peringatan dikarenakan telah melanggar peraturan. Pastikan terlebih dahulu MI yang memang mengelola reksa dana Anda, pastikan juga bahwa MI tidak pernah atau sedang memperoleh sanksi yang berasal dari regulator pasar modal.

Pengalaman dalam Mengelola Dana

Seorang Manajer Investasi wajib memiliki pengalaman yang cukup dalam mengelola dana investor. Tanpa pengalaman yang cukup, tidak mungkin sebuah MI bisa menjadi manajer investasi terbaik. Informasi mengenai pengalaman ini bisa dilihat pada prospektus reksa dana yang ada di website MI bersangkutan. Dari situlah terlihat secara lengkap mengenai pemiliknya, berapa lama seorang MI telah beroperasi, bagaimana pengalaman dalam mengelola reksa dana, hingga keahlian dan juga pengalamannya dalam sebuah tim pengelola investasi.

Kamu perlu memastikan bahwa MI tersebut berisi orang yang memang memiliki pengalaman dalam mengelola reksadana dan memiliki kualifikasi pendidikan yang baik. Dengan cara ini, maka kamu sudah memastikan bahwa uang kamu dikelola di tangan yang tepat.

Kinerja

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas barulah kamu melihat kinerja MI dalam mengelola produknya dalam jangka panjang. Ini bukan berarti sebuah Manajer Investasi Terbaik harus bisa mengalahkan kinerja pasar terus menerus. Tetapi yang terpenting adalah mereka mampu menghasilkan return yang konsisten setiap tahunnya dan memiliki kinerja yang tidak menyimpang jauh dengan indeks acuannya.

Oke, setelah tau cara memilih Manajer Investasi terbaik di atas, mungkin kamu juga masih kesulitan karena tidak adanya waktu & pengalaman yang cukup untuk melakukan pemilihan yang benar.

Tapi, sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena kamu bisa menggunakan Bibit.id dalam memilih MI terbaik. Bibit sudah melakukan screening MI secara ketat, sehingga kamu tidak perlu khawatir mendapatkan MI yang abal – abal.

Bukan hanya itu saja, Bibit juga membantu kamu untuk memilih reksa dana dengan return jangka panjang yang paling baik dengan mempertimbangkan Expense Ratio reksa dana yang relatif rendah. Sehingga kamu bisa tinggal berinvestasi dengan mudah sekarang.