Di Mana Saja Tempat Beli Reksadana Terbaik?

Banyak cara untuk membeli reksadana terbaik. Salah satunya melalui agen penjual reksadana (APERD). Namun, apa pun tempat beli reksadana terbaik yang kamu pilih nantinya, pastikan ia menawarkan kemudahan. Seperti Bibit Reksadana, di mana kamu bisa membeli reksadana secara online kapan saja, di mana saja. Download aplikasi Bibit melalui ponsel pintarmu di Google Play dan AppStore.

Ada banyak jalan menuju Roma, pepatah bilang. Begitu juga banyak “jalan” untuk membeli reksadana. Karena itu, kamu yang baru mau investasi reksadana tidak perlu bingung karena banyak tempat beli reksadana terbaik yang bisa kamu pilih.

Namun sebelum memutuskan membeli reksadana di suatu tempat, beberapa hal harus kamu perhatikan.

  • Karena reksadana merupakan bisnis di bidang finansial, teliti terlebih dulu apakah tempat beli reksadana terbaik mu itu sudah terdaftar dan diawasi otoritas jasa keuangan (OJK) biar aman.

  • Pahami produk-produk reksadana yang ditawarkan. Jangan mau membeli kucing dalam karung dengan rajin cari informasi tentang kinerja reksadana yang kamu bidik.  

  • Tentukan tujuan keuanganmu agar kamu berinvestasi reksadana dengan motivasi tinggi dan tahan banting.

Back to business, Sobit. Jadi di mana saja tempat beli reksadana terbaik?

Bank

Bank bisa dianggap salah satu tempat beli reksadana terbaik. Bank-bank besar Indonesia seperti BNI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, hingga Danamon, merupakan agen penjual reksadana (APERD). Bahkan beberapa di antaranya mempunyai anak perusahaan sendiri yang bergerak di bidang sekuritas dan Manajer Investasi. Sebut saja BNI yang memiliki BNI Asset Management dan Bank Mandiri dengan Mandiri Investasi. Bertransaksi reksadana di bank ternama terbilang aman karena kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Caranya beli reksadana di bank cukup mudah, kamu tinggal datang ke cabang bank terdekat dan utarakan niatmu untuk membeli reksadana. Biasanya pihak bank akan memberikan informasi terkait produk reksadana beserta syarat dan ketentuan lainnya dengan detail.

Perusahaan Sekuritas

Dulu, perusahaan sekuritas umumnya menjual saham. Seiring berjalannya waktu ada juga beberapa perusahaan sekuritas yang menjual reksadana antara lain Bahana, Danareksa, Trimegah, Sucor, dan Sinarmas.  Namun kamu harus ingat, ya, karena tidak semua perusahaan sekuritas adalah APERD atau agen penjual reksadana. Kebanyakan perusahan sekuritas tetap menjadi tempat jual-beli saham dan obligasi.

Kalau kamu memutuskan beli reksadana di perusahaan sekuritas, pastikan perusahaan itu terpercaya dan sudah terdaftar OJK. Nama-nama perusahaan sekuritas di atas, kebetulan, termasuk perusahaan sekuritas terkemuka di Indonesia.

Perusahaan E-commerce & Fintech

Investasi reksadana di era digital bukan hanya terkait keamanan dan keuntungan. Lebih dari itu adalah kemudahan! Generasi millennial merupakan digital savvy yang mengharapkan segala hal mudah terutama lewat genggaman alias smartphone. Maka kemudian, seperti telah kita ketahui bersama, perusahaan e-commerce dan fintech berbasis platform aplikasi mobile bermunculan untuk memfasilitasi segala kebutuhan investasi generasi muda millennial.

Dalam konteks investasi reksadana, perusahaan-perusahaan tersebut bisa dianggap sebagai APERD Online. Kiranya, APERD Online ini yang paling relevan jika kamu ingin investasi dengan mudah dan praktis kapan saja, di mana saja. Cukup download aplikasinya via smartphone, registrasi, kamu pun dapat berinvestasi reksadana langsung tanpa biaya administrasi (Gratis) seperti di Bibit Reksadana.

Kalau kamu berniat investasi melalui APERD online pastikan perusahaan tersebut memenuhi kriteria ini. Pertama, sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kedua, aplikasinya user friendly atau mudah digunakan. Ketiga, investor oriented yaitu melayani segala kebutuhan investor. Terakhir, semua kriteria tersebut bisa kamu dapatkan di Bibit Reksadana, tempat beli reksadana terbaik berbasis aplikasi mobile yang bisa menjadi teman investasimu. Yuk mulai investasi reksadana sekarang juga di Bibit.