Beli Rumah Jadi Enteng Pakai Reksa Dana: Ini Caranya

shutterstock_1653949210.jpg

Menurut survei dari Rumah.com, ternyata 44% milenial berkeinginan memiliki rumah sendiri. Tapi masalahnya, harga rumah yang mahal membuat banyak orang jadi putus asa di awal sebelum terwujud.

“Gaji bulanan aja udah nge-pas buat bayar kontrakan dan biaya hidup, gimana caranya bisa nabung untuk beli rumah ?”, inilah salah satu keluhan yang diucapkan oleh Fanny (25), salah satu pegawai swasta di Jakarta.

Mungkin, masalah yang sama juga terjadi pada banyak milenial seumuran Fanny. Terus, apa ada cara bisa beli rumah dengan lebih ringan? Nah, kamu bisa simak strategi di bawah ini.

Strategi KPR

Cara yang paling sering digunakan orang adalah mengambil KPR dari bank. Dengan cara ini, kamu bisa memiliki rumah dulu, tapi bisa dibayar dengan cicilan yang lebih ringan.

Tapi jangan lupa, meski bisa cicilan, KPR juga perlu Down Payment di awal. Untuk memudahkan perhitungan mari kita simulasikan KPR sebagai berikut:

  • Harga Rumah: Rp350.000.000

  • DP: Rp100.000.000

  • Suku Bunga: 8,5% fixed 5 Tahun

Apabila kita memasukan informasi di atas ke simulasi KPR bank (gambar di bawah), maka kita bisa mengetahui berapa besar cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

KPR.PNG

Dengan DP 100 juta Rupiah, apabila kita ingin mencicil sisanya selama 10 tahun, maka cicilan per bulan nya adalah sekitar 2,5 juta Rupiah. Namun, bila ingin lebih cepat lunas, kamu bisa memperpanjang cicilannya atau memperbesar uang DP di awal.

Nah, cara KPR nya cukup sederhana. Tapi kalau uang DP juga dirasa terlalu berat buat ngumpulinnya, ga usah pusing, kita bisa memanfaatkan reksa dana untuk mencapainya.

Tabung DP Lewat Reksa Dana

Oke, misalnya kita mau DP sebesar 100 juta. Pertama kita tentukan dulu, kapan kita mau mulai membeli rumah dan mencicil. Bisa jadi 3, 4, atau mungkin 5 tahun dari sekarang.

dp rumah.PNG

Kamu bisa merencanakan ini melalui fitur goal setting yang ada pada aplikasi Bibit. Gambar di atas adalah contohnya. Sebelah kiri adalah simulasi kalau kamu mau mulai DP rumah 5 tahun dari sekarang, dan sebelah kanan kalau mau 4 tahun. Semakin lama waktunya, semakin ringan tabungan yang harus disisihkan per bulan, yang pasti harus disesuaikan dengan kemampuan setiap orang.

Kalau sudah punya pilihan jangka waktunya, sisanya kamu tinggal nabung rutin aja. Pemilihan reksa dana dan porsinya sudah dipilihkan yang terbaik oleh aplikasi Bibit (gambar di bawah).

final.PNG

Sekarang, kamu tinggal mulai merencanakan seperti apa rumah kamu, berapa nilainya, berapa lama dari sekarang mau mulai mencicil. Kalau sudah siap, tinggal klik tombol di bawah untuk mulai nabung DP-nya.