Atasi Kerugian Investasi dengan Nabung Rutin!

Kondisi IHSG beberapa hari ini sedang mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya keputusan bank sentral Amerika Serikat (The Fed) yang menaikkan suku bunga sebesar 0,50%. 

Sebagian besar pasar di dunia terkena imbas keputusan tersebut, tak terkecuali Indonesia. Sehingga, reksa dana yang kamu miliki pun terdampak. Tetapi jangan khawatir, karena secara historis pasar modal selalu memiliki tren kenaikan dalam jangka panjang walaupun dalam jangka pendek harganya bisa saja fluktuasi.

Yang perlu kamu lakukan adalah sabar, fokus dan terus konsisten menabung untuk tujuan investasi jangka panjangmu. Yuk pahami kenapa kamu harus memiliki mindset yang konsisten dalam menabung. Simak penjelasannya berikut ini!

3 Alasan Penting Konsisten Nabung Rutin!

1. Menjaga harga rata-rata dari fluktuasi jangka pendek

Konsisten merupakan salah hal yang memang tidak mudah dilakukan terutama dalam menabung. Saat kita menabung reksa dana, sering kali kita khawatir akan terjadi penurunan harga dan berhenti untuk menabung karena takut merugi. 

Padahal, fluktuasi harga dalam jangka pendek merupakan hal lumrah yang terjadi di pasar. Dengan strategi menabung secara konsisten dan rutin, kamu akan bisa memperoleh harga diskon ketika pasar sedang mengalami penurunan, otomatis harga rata-rata beli kamu akan menjadi lebih murah. 

2. Cocok untuk investor pemula

Strategi menabung rutin ini juga merupakan salah satu strategi yang cocok bagi kamu sebagai investor pemula karena kamu tidak perlu repot untuk menentukan timing dalam pasar. Keputusan investasi yang kamu lakukan hari ini akan memiliki dampak besar jika dilakukan secara rutin dan konsisten di masa depan. 

3. Investasi jangka panjang

Strategi ini akan membantu kamu disiplin untuk membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih sedikit pada waktu harga naik. Tanpa harus peduli kondisi ekonomi. Tanpa peduli harga naik atau turun. 

Dan ketika ekonomi mulai pulih, itu merupakan saat dimana kamu dapat memperoleh keuntungan yang lebih optimal. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu fokus kepada tujuan investasi jangka panjang dan tidak peduli dengan fluktuasi jangka pendek karena pada akhirnya pasar akan selalu kembali naik.  

Tentukan tujuan investasi jangka panjangmu dan tetap konsisten dalam menabung! 

Bibit bisa membantu merancang portofolio investasi yang sesuai dengan tujuan investasimu sehingga kamu bisa berinvestasi secara rutin dengan hasil yang baik secara jangka panjang. 

Bibit juga punya challenge dengan hadiah cashback 50 ribu buat kamu yang nabung rutin! Cek di sini yuk! 😉

Writer: Shiao Ching
Editor: Agnes Savithri