Berawal dari Mimpi, Ini Cara Raih Tabungan Sampai Rp 1 Miliar!

Setelah mencapai Rp 100 juta pertama, kamu bisa mulai menuju level selanjutnya yaitu mulai set up untuk mendapatkan tabungan Rp 1 miliar pertamamu. Pelan-pelan saja, karena langkah setiap orang untuk mencapai suatu tujuan memang nggak pernah sama.

Alasan kenapa kamu harus memulai investasi sekarang juga, apalagi kalau punya target Rp 1 miliar di masa depan. Salah satunya adalah karena compounding interest alias bunga berbunga. Maksudnya gimana tuh?

Bunga berbunga artinya bunga yang dihitung dari nilai pokok ditambah dengan bunga yang diperoleh dari hasil investasi sebelumnya. Nantinya, bunga yang kamu peroleh akan terus ditambahkan, begitu terus secara berulang dan terakumulasi. Jadi, nggak usah buru-buru untuk bisa sampai dapat Rp 1 miliar karena investasi memang takes time, bahkan bisa lebih dari 10   cftahun. Asalkan kamu konsisten!

Lalu, bagaimana cara untuk bisa nabung Rp 1 miliar? Jangan khawatir, karena ini bukan hal mustahil, asalkan kamu punya keinginan kuat dan tahu apa yang harus kamu lakukan. Mulai dari bisa mengatur keuanganmu dengan baik, nggak gampang tergoda kebiasaan impulsif, hingga bagaimana kamu tetap konsisten dalam mewujudkan keinginan kamu yang satu ini.

Supaya makin mantap, beberapa poin di bawah ini bisa kamu pertimbangkan untuk mencapai Rp 1 miliar pertamamu. Simak baik-baik, ya!

Pertama, set goals

Rp 1 miliar memang sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Dengan set goals, kamu bisa mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan yang kamu inginkan, yaitu mencapai Rp 1 miliar pertama.

Hal yang harus kamu ingat adalah, setiap orang memiliki timeline dan kondisi yang berbeda dalam mencapai suatu tujuan keuangan. Kamu mungkin bisa mencapainya dalam waktu 5 tahun, tapi mungkin ada yang baru mencapainya dalam waktu 10 tahun atau bahkan lebih. 

Caranya, menggunakan goal setting di aplikasi Bibit. Kamu bisa tambah portofolio, lalu tentukan berapa lama waktu mencapai targetnya dan pilih cara investasinya.

Misalnya, target kamu selama 15 tahun menabung sebesar 1M, maka uang yang akan kamu perlu tabung setiap bulannya sebesar Rp2.200.000.

Kedua, konsisten investasi dan top up

Mulai berinvestasi sedikit demi sedikit dan usahakan menabung dengan rutin. Kamu bisa mulai menabung rutin di instrumen reksa dana dengan strategi Dollar Cost Averaging (DCA). Strategi ini membantu kamu untuk konsisten dan menabung dengan jumlah yang kamu inginkan setiap bulannya.

Kamu juga bisa menggunakan strategi lump sum di instrumen reksa dana. Strategi ini bisa kamu pilih, jika kamu punya modal investasi yang lebih besar. Apapun strategi yang kamu pilih, intinya adalah konsistensi dalam berinvestasi.

Ketiga, terus upgrade skill dan literasi keuangan

Saat ini, banyak sekali kelas-kelas yang membantu kamu untuk bisa memahami lebih banyak jenis investasi. Nggak hanya belajar tentang basic investasi, tapi kamu juga bisa memilih investasi jenis apa yang kamu butuhkan.

Fungsi dari belajar kelas ini adalah agar kamu bisa “naik kelas” dalam memahami pengetahuan soal investasi. Yang awalnya kamu hanya paham apa itu reksa dana pasar uang, kamu juga akan paham jenis reksa dana obligasi hingga reksa dana saham. Hal ini terjadi karena pengetahuan kamu sudah semakin meningkat.

Kalau semua poin di atas sudah kamu lakukan, hal terakhir dan yang penting juga adalah konsisten. Pastikan kamu melakukan poin-poin di atas secara rutin dan lakukan review keuangan secara berkala.

Jangan kasih kendor dan supaya makin semangat untuk tetap konsisten, kamu bisa memanfaatkan fitur di aplikasi Bibit untuk menunjang perjalanan investasimu. Fitur nabung rutin bakalan bantuin kamu untuk tetap konsisten dan keep on track sampai tujuan kamu tercapai. 

Kalau sudah mantap, yuk mulai siapkan tabungan portofolio 1M kamu di aplikasi Bibit. Beri label yang menarik supaya bikin kamu tetap semangat. Misalnya “Wanna be A Millionaire” atau “Rp 1 Miliar, Siapa Takut?”. Tetap semangat konsisten mencapai tujuan keuanganmu. Yuk, investasi sekarang!