Alasan SR018 Cocok untuk Jadi Pilihan Investasimu

Pemerintah kembali meluncurkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel. Kali ini adalah jenis SBN syariah yaitu Sukuk Ritel (SR) seri SR018 yang akan ditawarkan mulai 3 - 29 Maret 2023. 

Sukuk Ritel merupakan jenis SBN ritel yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dengan prinsip syariah dan memiliki karakteristik kupon tetap (fixed coupon). SR018 diterbitkan dengan dua tenor, yaitu SR018-T3 (tenor 3 tahun) dengan kupon 6,25% per tahun dan SR018-T5 (tenor 5 tahun) dengan kupon 6,4%.

Selain aman karena dijamin Pemerintah Indonesia melalui Undang-Undang, ada beberapa alasan yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk memilih SR018 sebagai instrumen investasi!

SR018 Pilihan Investasi Syariah

Jika kamu adalah investor yang memiliki preferensi investasi syariah, SR018 bisa menjadi pilihan. Sukuk Ritel yang dijamin negara melalui Undang-Undang ini dikelola secara syariah, sehingga tidak ada unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury). Selain itu, Sukuk Ritel juga didasari fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). 

Sukuk Ritel tidak termasuk sebagai surat utang karena dana investasinya dicatatkan sebagai bukti kepemilikan atas suatu aset negara. Oleh karena itu, imbal hasil atau kupon Sukuk Ritel disebut sebagai uang sewa (ujrah). 

Ada Dua Tenor, Bisa Disesuaikan dengan Jangka Waktu Tujuan Investasi

Berbeda dengan Sukuk Ritel yang sudah diterbitkan di tahun-tahun sebelumnya, kali ini SR018 diterbitkan dengan pilihan dua tenor atau jangka waktu. Ada SR018-T3 untuk tenor 3 tahun dan SR018-T5 untuk tenor 5 tahun. 

Dengan adanya pilihan dua tenor ini, kamu bisa menyesuaikan dengan tujuan keuangan. Misalnya SR018-T3 untuk tujuan investasi jangka menengah, seperti investasi untuk naik haji atau dana menikah. Lalu SR018-T5 bisa menjadi pilihan untuk investasi jangka panjang, seperti DP rumah. 

Kupon di Atas Suku Bunga BI

Sukuk Ritel SR018 kali ini diterbitkan dengan kupon sebesar 6,20% untuk SR018-T3 (tenor 3 tahun) dan 6,40% untuk SR018-T5 (tenor 5 tahun). Tentunya nilai kupon ini lebih tinggi daripada suku bunga Bank Indonesia (BI) yang per Februari 2022 ditetapkan sebesar 5,75%.

Secara historis, Surat Berharga Negara (SBN) ritel memang biasanya memiliki nilai kupon yang lebih tinggi daripada tingkat suku bunga acuan (BI). Ambil contoh Sukuk Ritel sebelumnya:

Contoh lain yang terbaru, seperti SBR012-T2 dan T4 yang masing-masing memiliki kupon 6,15% dan 6,35%. Saat itu, suku bunga acuan BI adalah 5,5%. Jadi tak heran banyak yang menganggap kupon imbal hasil dari SBN ritel cukup menarik.

Sumber Passive Income 

SR018 memiliki skema kupon tetap (fixed) yang dibagikan secara berkala setiap bulan. Tentunya cocok buat kamu yang mencari sumber passive income yang pasti di tengah ketidakpastian ekonomi. Passive income ini juga bisa dimanfaatkan untuk masa pensiun dalam membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Bisa Diperdagangkan Sebelum Jatuh Tempo 

Sukuk Ritel SR018 merupakan jenis SBN yang bisa diperdagangkan (tradable) di pasar sekunder sampai jatuh tempo. Makanya SR018 punya potensi capital gain. Soalnya kamu berpotensi mendapatkan keuntungan jika SR018 dijual di harga yang lebih tinggi di pasar sekunder daripada harga yang kamu beli. 

Tapi perlu diperhatikan juga ya harga saat menjual, karena tetap ada risiko capital loss juga jika SR018 dijual di pasar sekunder dengan harga lebih rendah dari harga beli. 

Keuntungan Lain SR018

  1. SR018 dijamin negara melalui Undang-Undang. Jadi pembagian kupon tiap bulan dan pembayaran pokok investasi saat jatuh tempo pastinya sudah terjamin.

  2. Nilai kupon lebih tinggi daripada deposito bank BUMN.

  3. Pajak yang dikenakan lebih rendah dibandingkan deposito (pajak SBN 10%, pajak deposito 20%).

  4. Dengan  investasi di SR018, kamu juga ikut membantu mendukung pembiayaan pembangunan nasional! Karena dana investasi yang terkumpul akan digunakan pemerintah untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

  5. Pembelian SR018 yang mudah karena dilakukan secara full online dengan mudah.

Tertarik untuk investasi di SR018? yuk mulai siap-siap dengan registrasi terlebih dahulu di aplikasi Bibit sekarang! Jadi saat masa penawaran nanti, bisa langsung pesan SR018. Jangan sampai ketinggalan!

Writer: Tim Edukasi

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.