Bagaimana Memilih Aplikasi Reksadana Terbaik untuk Investasi Online? Perhatikan 5 Hal Ini!

Tertarik berinvestasi reksadana di masa pandemi? Nggak perlu ragu karena banyak aplikasi reksadana terbaik online yang bisa kamu pilih untuk pengalaman berinvestasi reksadana dengan mudah kapan saja di mana saja secara aman. Salah satunya di Bibit aplikasi reksadana online yang bisa kamu download di Google Play dan AppStore.

Hidup tanpa aplikasi di era digital bagai sayur tanpa garam. Hampa! Adanya aplikasi itu sangat memudahkan kita untuk memenuhi segala kebutuhan kita juga.

Mau pergi ke suatu tempat, membeli tiket, makanan, hiburan hingga berinvestasi, semua bisa dipenuhi oleh aplikasi. Itulah sebabnya memilih aplikasi nggak bisa main-main. Kamu harus mempertimbangan dengan matang manfaat dan kegunaan aplikasi yang akan di download untuk kemudahan hidupmu.

Ketika hendak berinvestasi reksadana online misalnya. Memilih aplikasi reksadana terbaik wajib banget kamu lakukan. Karena hal ini merupakan salah satu kunci kemudahan investasi, yang nantinya akan berpengaruh terhadap cuan dan tidaknya investasi reksadana. Pasti nggak mau dong, investasi reksadana online berakhir tragis akibat salah download aplikasi?

Nggak perlu khawatir, Sobit. Karena 5 hal ini bisa menjadi panduanmu bagaimana memilih aplikasi reksadana terbaik.

Perhatikan Kuantitas  

Pasar aplikasi terpopuler bisa dibilang ada dua, yaitu Google Play untuk smartphone berbasis android dan App Store untuk iOS. Saat mau mengunduh aplikasi, di kedua market tersebut biasanya akan tertera berapa banyak aplikasi tersebut sudah di download, penilaian review and rating, dan tampilan muka aplikasi.

Kalau kamu menemukan bahwa sebuah aplikasi yang kamu bidik sudah banyak di download dengan rating penilaian yang juga baik, hal ini bisa menjadi pertimbanganmu untuk memilihnya. Termasuk ketika saat mencari aplikasi reksadana terbaik untuk investasi online. Pilihlah aplikasi yang kuantitas download-nya besar, penilaian bagus, dan rating-nya tinggi, seperti Bibit

Bukan mendewakan angka ya, tapi nggak bisa dipungkiri bahwa aplikasi yang sudah banyak di download dengan rating yang baik, adalah bukti aplikasi tersebut dipercaya orang-orang.

User Friendly

Buat apa menggunakan aplikasi kalau menyulitkan. Karena itu, pastikan aplikasi yang kamu download itu user friendly atau mudah digunakan. Untuk bisa menilai sebuah aplikasi user friendly, mau nggak mau kamu harus mencoba dulu sih. Itu artinya kamu harus mengunduhnya dulu kemudian melakukan test. Nggak apa-apa, nggak repot kok. Itung-itung menjadi seorang quality control, hehe.

Akan tetapi, ada sedikit bocoran untuk menilai sebuah aplikasi user friendly atau tidak terutama dalam konteks memilih aplikasi reksadana terbaik untuk investasi online. Pertama, registrasinya mudah. Kedua, menu dan fiturnya lengkap. Ketiga, desain aplikasi ciamik dan nyaman digunakan. Keempat, ada tim support yang siap membantu kapan saja.

Legalitas

Nah, nah, nah, ini! Sebagian besar aplikasi reksadana online merupakan Agen Penjual Reksadana atau biasa dikenal APERD online. Tentu saja sebagai APERD online harus terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau sebuah aplikasi reksadana belum terdaftar dan diawasi oleh OJK, mending urungkan deh niatmu berinvestasi di sana. Untuk mengetahui apakah aplikasi reksadana online sudah mengantongi izin OJK, mereka biasa nggak ragu-ragu memasang simbol OJK dan keterangan kapan mendapat izin dari lembaga tersebut seperti Bibit Reksadana yang bisa kamu cek legalitasnya DI SINI.

Dengan demikian, salah satu kriteria aplikasi reksadana terbaik itu wajib mengantongi izin OJK dulu!

Top Up dan Pencairannya Mudah

Kamu pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai selama investasi reksadana online dalam jangka waktu tertentu. Sebagai contoh, saat nilai investasi reksadana dirasa sudah mencapai target, atau mungkin perlu dana secara mendadak, reksadana bisa dicairkan dengan mudah lewat aplikasi. Selain itu, keberagaman metode pembayaran untuk jual beli dan top up reksdana pun harus kamu pertimbankan.

Aplikasi reksadana terbaik mesti memenuhi kedua hal itu! Dan di Bibit Reksadana Online kamu bisa dapetin dua-duanya. Dana investasimu bisa dicairkan kapan saja, dan tanpa biaya administrasi alias GRATIS. Bibit juga berkomitmen menjadi aplikasi reksadana terbaik dengan menyediakan metode top up yang variatif, seperti transfer bank, virtual account, dan menggunakan e-wallet seperti Gopay dan LinkAja.

Memiliki Manajer Investasi Terbaik

Wah kalau ini sih hukumnya wajib. Sebab cuanmu itu ya memang bergantung pada perusahaan Manajer Investasi. Ilustrasi mudahnya begini, Manajer Investasi terbaik pasti menawarkan produk reksadana terbaik untuk para calon investornya. Jadi pastikan kalau memilih aplikasi reksadana online, ia memiliki deretan Manajer Investasi terbaik yang bisa mengelola danamu dengan baik. Tidak hanya itu, selain memiliki Manajer Investasi Terbaik. aplikasi reksadana terbaik seperti Bibit pastinya memberikan keterangan produk reksadana yang ditawarkan dengan lengkap, seperti jenis-jenis reksadana yang dapat dipilih, persentase return atau imbal hasil dari waktu ke waktu, grafik kenaikan dan penurunan, minimum pembelian, expense ratio, sampai total AUM sebuah produk reksadana. 

Nah itu dia, 5 hal yang bisa menjadi pertimbangan untukmu saat memilih aplikasi reksadana terbaik. Kalau sudah memenuhi lima unsur itu, nggak perlu ragu berinvestasi reksadana di aplikasi reksadana online tersebut, seperti di aplikasi Bibit Reksadana. Di aplikasi Bibit, kamu bahkan bisa investasi reksadana secara otomatis karena Bibit memiliki fitur “Robo Advisor” yang akan mengarahkanmu investasi secara tepat dengan mempertimbangkan profil, pendapatan, dan tujuan investasimu.

Yuk, investasi reksadana di Bibit Reksadana dengan download aplikasinya di Google Play dan AppStore, sekarang juga