Banyak Impian Tapi Suka Belanja Online, Harus Gimana?

Sebagai seseorang yang baru saja mendapatkan pekerjaan, tentunya sangat senang bisa memiliki penghasilan sendiri. Begitulah yang dirasakan Stefi. Namun, sayangnya setiap kali gajian, Stefi menghabiskan uangnya untuk belanja online di e-commerce kesayangan. 

“Tiap liat barang unik di e-commerce, gak butuh sih, tapi lucu, tapi pengen, gak tau untuk apa, itulah gue”, kata Stefi.

Jadi, Stefi sering beli barang tanpa mempertimbangkannya alias impulsive buying. Apalagi sekarang pengaruh untuk beli barang dari review di sosial media semakin bikin Stefi tergiur. Ditambah promo payday setiap gajian yang menggiurkan. Tentunya, membuat Stefi semakin tertarik untuk membeli barang yang mungkin sebenarnya kurang perlu.

Padahal Stefi ingin punya tabungan untuk mewujudkan impian-impiannya. Ia ingin ingin punya mobil pribadi, rumah sendiri, dan impian-impian lainnya. Tapi, kalau ia tetap belanja online tanpa bisa mengontrolnya, bagaimana impian-impiannya bisa terwujud? Tentunya Stefi harus mulai mengubah kebiasaan buruknya. 

Mulai mengubah kebiasaan buruk

Mengubah kebiasaan belanja online yang kurang perlu memang tidak mudah, tapi kita bisa kok kalau kita mau. Yang penting kita memiliki niat yang kuat dulu untuk berubah. Kadang kita harus berani mengambil langkah kecil untuk bisa memberikan dampak yang besar dalam hidup kita. Ada  beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut.

  1. Melakukan pertimbangan sebelum membeli sesuatu

    Sebelum memutuskan untuk beli suatu barang, sebaiknya pertimbangkan dulu apakah kita benar-benar butuh atau hanya keinginan sesaat saja. Harusnya, kita bisa lebih bijak dalam menggunakan uang kita untuk mengurangi pembelian barang - barang yang sebenarnya tidak  perlu dibeli. 

  2. Menyisihkan uang untuk ditabung

    Setiap tanggal  gajian datang, kamu bisa sisihkan sebagian uang kamu untuk ditabung terlebih dahulu. Lalu sisanya digunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Seberapa besar uang yang ingin ditabung bisa kamu sesuaikan sendiri, ya. Misalnya,  10%, 20%, 30% dari gaji kamu. Semakin banyak yang bisa ditabung, semakin lebih baik. 

  3. Mulai berinvestasi 

    Selain ditabung, kamu juga perlu mulai investasi. Investasi dapat membantu kamu untuk mencapai impian-impian keuangan kamu. Salah satu jenis investasi yang bisa kamu pertimbangkan adalah investasi reksa dana. Kenapa  reksa dana? Karena reksa dana sudah dikelola oleh pihak profesional yang disebut Manajer Investasi. Jadi, walaupun kamu investor pemula, kamu gak perlu pusing dalam mengelola dana investasi kamu. 

Jadi, mulailah dari kebiasaan kecil yang baik secara disiplin untuk bisa mewujudkan impian - impian kamu ya.