BARU! Cek Average Yield RDPU dan RDO di Bibit

Sekarang kamu bisa melihat average yield Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Obligasi di aplikasi Bibit. Semakin tinggi angka average yield, artinya potensi return juga semakin menarik. 

Apa Itu Average Yield?

Average yield adalah gambaran indikasi return dari asset holding (portofolio / aset yang dipegang) oleh reksa dana apabila manajer investasi memegang portofolio tersebut hingga jatuh tempo. Semakin tinggi yield, semakin menarik indikasi return-nya.

Average yield perlu digunakan bersamaan dengan faktor lain ketika mengevaluasi Reksa Dana Obligasi atau Reksa Dana Pasar Uang, seperti durasi dan kualitas aset holding-nya.

Namun, perlu ditekankan average yield bukan kepastian return dan bisa berubah di masa mendatang. Alasannya karena manajer investasi dapat menjual  komposisi investasi reksa dana untuk mengatur likuiditas dan  mengubah strategi investasi tergantung pergerakan pasar dan belum menghitung management fee dari manajer investasi serta pajak.

Sehingga ada probabilitas bagi manajer investasi tersebut untuk menjual instrumen aset di dalam portofolio investasinya sebelum jatuh tempo. 

Apa Bedanya Return dan Average Yield ?

Return reksa dana merupakan performa historis suatu reksa dana di masa lalu dalam jangka waktu tertentu. 

Di sisi lain, average yield reksa dana merupakan angka indikatif performa produk yang diperoleh dari holdings reksa dana saat itu dan tidak bersifat pasti.  

Gambar di atas memperlihatkan historis return 32% dalam 5 tahun dan average yield 7%

Kapan Saja Angka Average Yield Berubah di Aplikasi Bibit?

Angka ini akan berubah setiap bulan sesuai update dari masing-masing manajer investasi.

Bagaimana Cara Membandingkan Average Yield Antar Reksa Dana?

Semakin tinggi average yield, semakin menarik indikasi return-nya. Jadi, kamu bisa urutkan average yield dari yang tertinggi ataupun terendah saat menggunakan fitur filter. 

Lalu, saat memakai fitur comparison. Kamu bisa lihat produk mana yang memiliki angka average yield lebih tinggi sehingga dapat mengambil keputusan investasi lebih mudah. 

Writer: Tim CRM

Disclaimer: Angka average yield yang tertera dalam blog ini merupakan data per Januari 2023.