Bibit Weekly 27 Agustus 2022: Cari Tahu Seberapa Paham Kamu dengan Literasi Keuangan!

Tidak terasa sudah masuk pekan terakhir Agustus 2022, yang artinya pembahasan soal literasi keuangan sudah sampai di bagian akhir. Sedikit flashback, selama 3 pekan yang lalu kita sudah membahas banyak hal mengenai literasi keuangan.

Pekan pertama Agustus membahas tentang "Fakta Literasi Keuangan dan Cara untuk Level Up”. Mulai dari pengertian sampai 3 aspek literasi keuangan. Disinggung juga kalau berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 kalau indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia baru 38,03%. Padahal tingkat indeks inklusi keuangan atau akses masyarakat terhadap layanan keuangan cukup tinggi, mencapai 76,19%.

Selanjutnya, pekan kedua nggak kalah menarik karena membahas soal Akibat Kalau Nggak Paham Literasi Keuangan. Kalau nggak paham literasi keuangan kamu bisa nggak punya tabungan, terlilit utang, sampai rentan terjerat investasi bodong.

Nah, di minggu lalu alias pekan ketiga membicarakan tentang Literasi Keuangan Menuju Financial Freedom. Tips untuk mencapai financial freedom di antaranya adalah terus belajar, bikin daftar anggaran alias budgeting, menambah active income, dan tentu saja mulai investasi.

Karena sudah dikupas tuntas sepanjang Agustus ini, gimana kalau kita menguji pengetahuan dan kompetensi kamu seputar literasi keuangan? Caranya, dengan menjawab soal-soal quiz di bawah ini. Siap? Yuk dimulai!

1️⃣ Yang termasuk dalam aspek Basic Money Management adalah…

A. Budgeting

B. Mengatur pengeluaran dan utang

C. Tabungan

D. Semua benar

2️⃣ Di bawah ini adalah hal yang sebaiknya kamu hindari saat berutang

A. Berutang untuk hal yang produktif dan tidak melebihi 35% dari penghasilan

B. Berutang untuk hal produktif dan bayar tepat waktu

C. Berutang untuk hal produktif dan mengganggu arus kas bulanan

D. Menghitung kemampuan finansial setiap bulan (Budgeting)

3️⃣ Sebaiknya, berapa persentase utang yang disarankan dari pendapatan bulanan kamu?

A. 60%

B. 50%

C. 45%

D. 35%

Penasaran nggak sama hasil level pemahaman kamu tentang literasi keuangan? Cus ikutan quiznya dengan klik link di bawah ini ya!


Bibit Academy: Starter Pack Investor Pemula

Yuk, mengatur keuangan yang benar dan sehat! Kelas ini akan membantu kamu bagaimana cara mengamankan keuangan agar investasi selalu nyaman. Kelas ini juga cocok untuk kamu yang masih bingung gimana caranya memantapkan cash flow bulanan untuk investasi, membuat langkah yang pasti dalam berinvestasi, bingung kenapa reksa dana menjadi pilihan yang baik dalam berinvestasi, serta ingin mengetahui tips aman dan nyaman dalam berinvestasi.


Kabar Indonesia

  • Bank Indonesia (BI) memproyeksi pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,5% pada kuartal III 2022. Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo, proses pemulihan ekonomi RI terus berlanjut karena konsumsi masyarakat meningkat, terutama dari konsumsi rumah tangga serta tingginya kinerja ekspor. 

  • Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 22 & 23 Agustus 2022 memutuskan untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 25 basis poin menjadi 3,75%. Kenaikan ini menjadi yang pertama kali sejak Februari 2021. Kebijakan ini diambil dengan pertimbangan untuk mengantisipasi risiko peningkatan inflasi inti dan ekspektasi inflasi akibat kenaikan harga BBM non-subdisi hingga inflasi volatile foods.

  • Bank Indonesia memproyeksi inflasi tembus 5,24% pada akhir tahun 2022. Hal ini disebabkan oleh lonjakan harga telur ayam menjadi lebih dari Rp30 ribu per kg, serta rencana kenaikan harga BBM nonsubsidi.

Poin Penting

Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan BI 7DRRR setelah mempertahankan sejak Februari 2021. Langkah ini diambil demi mengantisipasi risiko inflasi yang mulai terlihat indikatornya dari kenaikan beberapa kebutuhan pokok seperti BBM dan volatile foods

Kamu tidak perlu khawatir soal investasi kamu. Saat ini, pemerintah sedang menawarkan SBN Syariah seri SR017 dengan tipe kupon fixed rate sebesar 5,9%. Investasi aman dan dijamin oleh pemerintah ini bisa kamu beli di Bibit sekarang! 😉


Risk comes from not knowing what you’re doing.
— Warren Buffett