Bibit Weekly 20 Agustus 2022: Literasi Keuangan Menuju Financial Freedom, Gimana Caranya?

Minggu lalu, kita sudah belajar tentang akibatnya tidak paham literasi keuangan. Mulai dari tidak punya tabungan, terlilit utang, hingga rentan terjebak investasi bodong. Jadi bikin kamu makin paham kan kalau literasi keuangan itu penting banget?

Nah, sekarang saatnya kita pahami keuntungan dari literasi keuangan. Salah satunya adalah sebagai fondasi menuju Financial Freedom alias kebebasan finansial, lho! Apalagi kita masih berada di euforia Hari Kemerdekaan Indonesia! Selain negara tercinta kita yang sudah merdeka, siapa tahu keuangan kita juga akan merdeka suatu saat nanti.

Kenapa Harus Financial Freedom? 🤔

Soalnya Financial Freedom adalah suatu tahap di mana seseorang memiliki penghasilan pasif (passive income) yang dapat mencukupi kehidupan sehari-hari sesuai dengan gaya hidupmu. Jadi nggak perlu lagi pusing mikirin cari uang and just enjoy your life! Makanya nggak heran kalau financial freedom ini adalah wishlist bagi banyak orang.

Manfaat dari financial freedom adalah:

  1. Jadi Independen Secara Finansial: karena kita sudah mandiri dengan finansial, jadi nggak perlu lagi harus bergantung ke kerabat atau bahkan cari pinjaman lain untuk menopang kebutuhan finansialmu. Selain itu, kamu juga bisa memutus lingkaran sandwich generation!

  2. Nggak Perlu Khawatir Mikirin Cara Memenuhi Kebutuhan: soalnya kamu sudah punya dana yang cukup, jadi nggak perlu pusing cari cara memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Kamu bisa hidup dengan nyaman dan merasa cukup. 

  3. Bisa Fokus dengan Hal yang Disukai: karena kamu mempunyai stabilitas finansial, kamu nggak perlu worry untuk melakukan hal-hal yang kamu suka. Misalnya melakukan hobi atau bahkan liburan. Kalaupun tetap mau bekerja, kamu juga bisa kerja sesuai passion yang bikin kamu senangi. 

Literasi Keuangan Sebagai Fondasi Financial Freedom 🤑

Literasi keuangan merupakan langkah awal agar kamu bisa mencapai financial freedom. Sebab untuk mencapai financial freedom, kamu harus tahu dulu caranya mengelola keuangan, perencanaan tujuan keuangan, agar kamu juga dapat mengambil keputusan dan strategi finansial yang sesuai untukmu. Semua itu bisa dilakukan jika kamu punya pondasi literasi keuangan yang kuat. Jadi emang harus step by step, ya!

Supaya lebih jelas, yuk coba kita pahami tahapan atau level menuju Financial Freedom

  1. Financial Literacy: di level ini, kamu sudah bisa memahami literasi keuangan seperti pengelolaan keuangan, perencanaan tujuan keuangan, hingga Investasi  serta situasi keuanganmu sendiri. Sehingga tahu strategi apa yang perlu kamu lakukan untuk mencapai tujuan keuangan. Karena setiap orang punya kondisi finansial yang berbeda, sehingga cara mencapai tujuan juga pasti berbeda.

  2. Financial Security: Intinya, financial security ini menunjukkan bahwa kondisi keuanganmu ada di level aman. Kamu memiliki dana darurat dan asuransi, sehingga tidak perlu cemas jika keadaan darurat terjadi. Di level ini, kamu juga sudah bisa memenuhi kebutuhan basic.

  3. Financial Independence: Satu langkah lagi mencapai financial freedom, nih! Di level ini, kamu sudah memiliki dana yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan hidup. Jadi nggak perlu lagi bergantung pada orang lain untuk mencukupi keperluan finansialmu. 

Tips Mencapai Financial Freedom  

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai financial freedom. Nah, berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa sampai ke tujuan financial freedom!

Kesimpulannya, mencapai financial freedom merupakan perjalanan yang panjang dan tidak bisa instan. Tapi jangan langsung minder dulu! Yang penting kamu terus memperdalam pengetahuan dalam literasi keuangan untuk diterapkan dalam pengelolaan finansial kamu. Tidak ada kata “berhenti” untuk belajar. Jangan lupa juga untuk terus produktif bekerja dan konsisten investasi agar kita bisa merdeka finansial suatu hari nanti!

SR017: Investasi Syariah yang Stabil Saat Market Labil

Apa yang akan dibahas?

- Pengenalan terhadap SBN dan Sukuk Syariah

- Imbal hasil SR017 berapa? dan cara kerjanya gimana

- Kenapa SR017 merupakan pilihan diversifikasi yang baik?

- Serba serbi Perhitungan Imbal hasil SR017


Kabar Indonesia

  • Bank Indonesia (BI) resmi merilis uang kertas baru tahun emisi 2022. Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan ada tujuh pecahan uang baru yang dirilis dengan delapan pahlawan nasional sebagai gambar utama pada masing-masing uang kertas, dari pecahan Rp1.000 sampai Rp100 ribu.

  • Presiden Joko Widodo menetapkan target inflasi sebesar 3,3% dan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% pada tahun 2023. Untuk itu, pemerintah akan mendorong penciptaan lapangan kerja baru dalam mewujudkan berbagai sumber pertumbuhan baru dan meningkatkan daya beli masyarakat.

  • SR017 sudah terbit dan bisa dibeli mulai sejak kemarin, Jumat (19/8). SR017 menawarkan fixed rate sebesar 5,90% per tahun. Investasi SR017 100% aman dan  dijamin oleh negara.

Poin Penting

Dengan target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan oleh pemerintah, ekonomi Tanah Air perlahan kembali ke kondisi sebelum pandemi. Pemerintah pun akan mendorong berbagai inisiatif untuk menggenjot perekonomian. 

Sehingga, kamu tak perlu khawatir terhadap investasi yang sudah kamu lakukan. Kalau kamu tertarik untuk investasi yang 100% aman dan dijamin oleh negara. SR017 sudah terbit yang  menawarkan imbal hasil 5,9% dengan tipe kupon fixed rate.


Don’t save what money is left after spending. Rather, only spend the money that remains after saving funds
— Warren Buffet