Bibit Weekly 28 April 2023: Tips keuangan Selama Ramadan, Mana yang Sudah Kamu Lakukan?

Hari Raya Idulfitri memang sudah berlalu. Namun tidak ada salahnya kalau kita rangkum kembali topik Bibit Weekly April 2023 yang membahas tips kelola keuangan di Bulan Ramadan. Ada berbagai kiat yang bisa dipelajari, mulai dari budgeting, cara tambah dana tabungan, mengelola dana THR, sampai pilihan investasi syariah buat kamu!

Siapa tau tips ini juga bisa kamu lakukan nggak hanya di bulan puasa, tapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari! Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Week 1: Tips Atur Keuangan Agar Tetap Berkah di Bulan Ramadan

Cari tahu cara budgeting dan berhemat terutama di Bulan Ramadan! Apalagi selama bulan puasa, sering kali malah merasa boros karena banyak pengeluaran. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa tetap berhemat:

  • Buat Daftar Pengeluaran

Penting untuk membuat daftar pengeluaran di awal. Soalnya beberapa pengeluaran tampak sederhana tapi ternyata lumayan besar jika diakumulasi. Misalnya terlalu sering ikut event buka puasa bersama, terlalu sering jajan takjil, hingga godaan promo diskon spesial Ramadan. 

  • Atur Prioritas dengan Budgeting

Mulailah membuat budgeting atau alokasi anggaran sesuai dengan prioritas,kebutuhan, dan juga keuanganmu. Dan terpenting, jangan lupa untuk disiplin mengikuti anggaran yang sudah dibuat agar tidak ada over budgeting.

  • Hindari Kebiasaan Impulsive Buying dan Jangan Terjebak FOMO

Impulsive buying alias kebiasaan membeli tanpa berpikir panjang serta Fear of Missing Out (FOMO) sering menjadi penyebab pengeluaran yang boros. Misalnya tergoda dengan diskon atau FOMO takut ketinggalan event bukber bareng teman. Maka penting untuk kembali mengingat skala prioritas dan juga budgeting yang sudah dibuat agar menghindari kebiasaan boros.

  • Jangan Lupa Investasi

Selalu ingat “Sisihkan, Bukan Sisakan” sebagai prinsip investasi! Jadi alokasikan uangmu dari awal untuk berinvestasi ya! Apalagi di masa Ramadan, ada banyak peluang untuk mendapat dana investasi seperti dari THR.

Week 2: Tambah Tabungan Selama Puasa dengan Cara 3T!

Biar memudahkan kamu untuk menambah alokasi tabungan, ada tips dengan cara 3T yang mungkin bisa kamu terapkan:

  • Tentukan Tujuan: Misalnya tujuan keuangan untuk mengumpulkan dana darurat atau mengumpulkan dana untuk beli gadget baru demi menunjang pekerjaan.

  • Tentukan Timing: tentukan frekuensi kamu menabung dan perkiraan jangka waktu menabung. Di Bibit, kamu bisa nabung Reksa Dana setiap hari lho! Gunakan fitur Nabung Rutin supaya nggak skip buat investasi!

  • Take Action: The last but not least, jangan lupa untuk dilakukan! Dengan investasi, ada potensi imbal hasil yang membuat uang kamu bertumbuh. 

Week 3: Ini Cara Jitu Supaya THR Tak Cepat Habis

Supaya THR bisa digunakan secara bijak, kamu bisa menggunakan skala prioritas! Berikut ini contohnya:

  1. Zakat dan Infaq: seperti  Zakat Fitrah, Zakat Maal, Infaq atau bersedekah.

  2. Kebutuhan Lebaran: misalnya untuk keperluan mudik, hampers, berbagi amplop THR, dan lainnya.

  3. Bantu Bayar Cicilan: contohnya seperti cicilan rumah atau cicilan kendaraan jika ada.

  4. Investasi: THR bisa membantu menambah alokasi investasi bulananmu!

Week 4: Memilih Investasi yang Syariah Biar Hidup Jadi Berkah

Buat kamu yang memiliki preferensi syariah, ada berbagai jenis investasi yang bisa dipilih lho! Di antaranya adalah:

  • Reksa Dana Syariah: Pada dasarnya, reksa dana syariah sebenarnya sama seperti reksa dana konvensional, namun pengelolaannya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal.

  • SBN Syariah Ritel: Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia berdasarkan prinsip syariah, didasari oleh fatwa dari Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). 2 jenis dari SBN Syariah Ritel adalah Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan.

  • Saham Syariah: merupakan efek berbentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah pasar modal. Beberapa indeks saham syariah antara lain, Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Indeks (JII).

Ketiga jenis investasi ini bisa kamu beli lho melalui Bibit Plus! Bibit Plus menawarkan pengalaman baru investasi yang menyediakan berbagai pilihan aset investasi dan berbagai fitur eksklusif lainnya! Yuk upgrade akun Bibit-mu ke Bibit Plus sekarang dan diversifikasi asetmu untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan!