Buat Apa Fitur Ahli Waris di Bibit? Ini Manfaatnya!

Investasi di reksa dana memiliki sejumlah manfaat, selain bisa menjadi passive income, mencapai tujuan keuangan, hingga bisa dijadikan waris untuk anak dan cucu kita nantinya. Tujuan yang terakhir yaitu waris memungkinkan anak/cucu/keluarga yang memperoleh sesuatu yang berharga berupa reksa dana.

Terkait waris ini, Bibit memiliki fitur yang sesuai yaitu "Fitur Ahli Waris". Kamu bisa temukan fitur tersebut pada bagian Setting dan manfaatkan fitur tersebut seperti yang kamu inginkan.

Apa Itu Fitur Ahli Waris?

Fitur ahli waris adalah layanan dari aplikasi Bibit untuk melindungi dana yang disimpan investor ketika meninggal dunia dengan mewariskannya pada orang lain yang ditunjuk. Jadi ketika investor meninggal maka Bibit akan mewariskan dana yang disimpan pada ahli waris yang sebelumnya ditunjuk. Fitur ahli waris ini seperti layaknya surat wasiat yang dibuat oleh investor pada salah satu atau beberapa orang yang ditunjuk sebagai penerimanya ketika meninggal dunia.

Seperti Apa Cara Kerja Fitur Ahli Waris?

Cara kerja fitur ini yaitu ketika investor meninggal dunia maka Bibit akan memberikan notifikasi berupa email dan SMS kepada ahli waris yang data kontaknya kamu daftarkan. Fitur ini juga akan bekerja ketika investor terdeteksi tidak pernah membuka Bibit lagi. Di sini investor bisa mengatur berapa lama tempo terakhir membuka aplikasi Bibit sebelum Bibit kemudian mengirim notifikasi kepada ahli waris. Untuk ahli waris tersebut, kamu bisa memilih untuk satu orang hinggamaksimal tiga orang.

Agar lebih mudah memahami fitur ini, kita ambil contoh kasus dari suami – istri berikut ini. Sebut saja Pak Ari yang telah berinvestasi reksadana di Bibit sejak tiga tahun yang lalu. Nah ketika memulai investasi tersebut, Pak Ari menggunakan fitur ahli waris dengan menunjuk atau memilih istrinya bernama Ibu Hilda sebagai daftar pada ahli waris. 

Alasan Pak Ari menggunakan fitur ahli waris ini adalah agar dirinya jadi nyaman dan tenang dengan dana yang diinvestasikannyasaat terjadi hal yang tidak diinginkan, yaitu kematian. Usianya yang sudah tidak muda lagi membuat Pak Ari merasa perlu untuk menggunakan fitur ini. Dengan fitur ahli waris ini juga Pak Ari tak perlu lagi membuat surat wasiat, karena fungsinya yang sama.

Suatu hari Pak Ari meninggal dunia hingga kemudian terdeteksi tak pernah membuka Bibit lagi. Dari sini Bibit pun mengirimkan email dan SMS kepada Ibu Hilda yang merupakan ahli waris dari Pak Ari. Setelah Ibu Hilda mengetahui adanya notifikasi dari Bibit, Bu Hilda pun bisa langsung mengklaimnya dengan sebelumnya mengirimkan beberapa dokumen yang dibutuhkan.

Lalu berapa besaran reksadana yang bisa diklaim Ibu Hilda dari investasi yang dijalankan Pak Ari? Jawabannya adalah semua dana yang tersimpan di Bibit dapat diklaim oleh ahli waris dalam hal ini yaitu Ibu Hilda. Berikut permisalannya.

Apa Untungnya Pakai Fitur Ahli Waris?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa fitur ahli waris di aplikasi Bibit ini punya kegunaan yang sangat penting. Berikut beberapa hal dari fitur ahli waris aplikasi Bibit yang bisa didapatkan investor dibanding berinvestasi tanpa fitur ahli waris.

Bagaimana Cara Klaim oleh Ahli Waris?

Lalu gimana cara klaim yang bisa dilakukan ahli waris setelah menerima notifikasi dari Bibit? Mudah kok! Ahli waris hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen pendukung yang dibutuhkan. Berikut dokumen pendukung untuk klaim reksadana atau SBN di Bibit:

1.       Surat keterangan hak waris yang disahkan oleh notaris/dari kepala desa/kelurahan

2.       Akta kematian investor

3.       KTP ahli waris dan investor yang meninggal

4.       Kartu keluarga baik dari pihak investor yang meninggal dan juga dari pihak ahli waris

5.       Ahli waris membuka akun Bibit untuk pengalihan unit reksa dana dan atau kepemilikan SBN

6.       Akta nikah jika ahli waris adalah suami/istri dari investor bersangkutan

7.       Akta kelahiran investor bersangkutan dan ahli waris

8.       Dokumen-dokumen pendukung lainnya sebagai alat bukti yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan adalah ahli waris yang sah jika diperlukan.

Setelah semua dokumen terkumpul, kamu tinggal menyerahkannya pada Tim Bibit dalam bentuk scan dokumen asli. Bibit nantinya akan meneruskannya kepada pihak terkait agar proses klaim dapat dilakukan.

Baca juga : Bagaimana Cara Investasi Di Bibit? Begini Cara Mudahnya!

Itulah penjelasan mengenai fitur ahli waris aplikasi Bibit yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat investasimu di Bibit semakin nyaman. Dari sinilah maka kamu yang berencana akan berinvestasi pada reksadana, tak perlu ragu lagi untuk memulainya karena ada banyak fitur yang dapat mendukungmu, termasuk salah satunya fitur ahli waris.