Cara Kumpulkan Uang 5 Juta Dalam Setahun dengan Modal Nabung 100 Ribu Aja

Mengumpulkan uang atau menabung bisa menjadi hal yang menyenangkan jika kita menemukan cara yang tepat. Soalnya, kalau caranya kurang tepat dengan niatnya setengah hati, kamu harus waspada dengan banyaknya godaan yang bisa membuat jumlah tabunganmu jalan di tempat.

Misalnya, kamu butuh sekitar Rp 5 juta sampai awal tahun depan. Uang itu akan kamu gunakan untuk beli laptop baru. Jangan sampai, baru sampai seperempat jalan nabung tapi jadi terhalang godaan belanja online. Karena sekarang dengan gampangnya kamu bisa  transfer buat belanja online dari rekening tabunganmu. Mungkin yang terlintas dalam hatimu “Mumpung lagi murah, kapan lagi ada diskon gini!.”

Nah, kira-kira gimana ya cara yang asyik dan nggak jadi beban buat ngumpulin Rp 5 juta itu?

Yes, Saving Challenge bisa menjadi cara seru buat mengumpulkan uang. Caranya klasik, mirip seperti kamu simpan uangnya di celengan ayam jago atau di amplop. Tapi kali ini kamu bisa simpan uangnya dengan cara investasi di reksa dana. 

Seperti yang kita tahu, tahun ini baru berlalu 4 minggu. Artinya masih ada sisa sekitar 48 minggu buat ngumpulin Rp 5 juta yang kamu mau. Jangan khawatir, kamu masih bisa mengejarnya, asalkan kamu konsisten dan punya tekad kuat.

Lihat secara teliti tabel di bawah ini, ya!

Ada banyak kolom di atas. Sebagai permulaan, kamu bisa menyisihkan Rp 300 ribu di awal. Masukkan Rp 300 ribu pertamamu ke reksa dana. Karena tujuannya untuk investasi jangka pendek hanya sampai akhir tahun, kamu bisa menempatkannya di Reksa Dana Pasar Uang (RDPU). 

Alasannya, RDPU ditempatkan di instrumen pasar uang seperti deposito dan obligasi yang jatuh tempo kurang dari satu tahun. Jadi bisa di bilang, RDPU minim risiko dibanding reksa dana lainnya.

Supaya kamu bisa menjalankannya lebih konsisten, kamu bisa print out tabel di atas dan tempel di kamar atau spot yang gampang kamu lihat. Nah, kalau kamu sudah top up reksa dana Rp 300 ribu ke RDPU, tandai kolom yang bertuliskan Rp 300 ribu. Beri tanda check list di setiap kamu sudah top up uang 100 ribu setiap minggunya, sampai semua kolom terisi, ini tandanya a misi kamu mengumpulkan Rp 5 juta sudah berhasil.

Yes, mission complete

Kamu bisa dipastikan udah punya tabungan Rp 5 juta. Bonusnya, kamu juga bakal dapat return alias keuntungan selain uang Rp 5 juta yang sudah kamu punya. 

Rata-rata return investasi di RDPU  adalah sekitar 4-5% per tahun mengikuti kondisi market. Tapi ingat, ini adalah hasil investasi sebelumnya yang belum tentu mencerminkan hasil di masa yang akan datang. 

Selanjutnya, kalau uang Rp 5 juta sudah terkumpul, kamu bisa dengan mudah mencairkan reksa danamu untuk beli laptop yang kamu inginkan. Pencairan reksa dana ini gampang banget. Biasanya, proses pencairan di hari kerja dan hal yang perlu kamu perhatikan juga cut-off time ya! 

Jadi, siap kantongi Rp 5 juta di akhir tahun nanti? Kalau kamu mau lebih simple, kamu bisa memanfaatkan fitur nabung rutin di aplikasi Bibit. Kamu bisa langsung atur aja nabung per minggu dengan nominal Rp 100 ribuan! Mudah banget kan?