Gaji 4 Juta Per Bulan Bisa Beli Motor dengan Cara Cash? Ini Triknya!

Hidup di kota besar khususnya di Jakarta dengan penghasilan per bulan tidak lebih dari Rp 3 juta, rasanya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika ingin membeli suatu barang atau merencanakan liburan, harus diperhitungkan dengan perencanaan matang terlebih dahulu.

Apalagi jika hidup dalam perantauan, banyak biaya yang harus dianggarkan setiap bulannya, seperti biaya kontrakan, listrik, air, dan sebagainya. Semua biaya-biaya tersebut harus dipenuhi dengan penghasilan seadanya. 

Nggak heran, banyak orang yang berpenghasilan Rp 4 juta per bulannya hanya habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan tak jarang orang mengatakan, jika gaji hanya Rp 4 juta namun ingin punya barang mewah, hanya bisa dilakukan dengan mencicil barang tersebut. Jika mencicil barang menjadi pilihan, maka kamu harus bersiap-siap untuk tagihan cicilan ditambah bunga cicilan tersebut setiap bulannya. Hal tersebut secara langsung akan menambah beban biaya yang harus kamu penuhi setiap bulan.

Salah satu barang yang biasanya dibeli dengan cicilan adalah motor. Kendaraan motor sudah bukan menjadi barang mewah lagi. Dapat dikatakan bahwa sekarang motor merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat di kota-kota besar. Dengan begitu, maka tak jarang orang yang berusaha untuk bisa membeli motor. Dan salah satu motor keluaran baru yang banyak diminati orang adalah Honda Vario 150.

Ada trik jitu yang bisa kamu lakukan dengan gaji hanya Rp 4 juta per bulan, namun ingin memiliki motor dengan harga yang cukup mahal tanpa mencicilnya atau membeli secara cash. Ya, motor impianmu itu bisa dibeli dengan investasi alias nabung rutin reksadana di aplikasi Bibit. Bagaimana cara beli motor dengan uang cash? Yuk, simak simulasi kalkulator berikut ini!

Simulasi Kredit Motor VS Investasi Reksadana

Dari simulasi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan asumsi return 5% per tahun maka kita bisa menghitung jumlah uang yang perlu kita sisihkan untuk dibelikan reksadana rutin tiap bulannya. Jika kamu ingin mengumpulkan Rp19 juta dalam waktu 36 bulan, maka kita hanya perlu menyisihkan sekitar Rp 517.173 per bulan di reksadana pasar uang atau sekitar Rp17.500 per hari.

Baca juga : Beli Mobil Baru dengan Reksa Dana, Intip Caranya!

Jika kamu membeli motor dengan cicilan di bank sebesar Rp 517,713 maka setelah inflasi selama 3 tahun harga motor menjadi Rp 21.994.875, sedangkan jika kamu beli motor dengan menabung rutin reksadana di Bibit kamu bisa mengumpulkan hingga Rp 22.365.121 untuk membeli motor impianmu. Maka, kamu sudah mengantongi keuntungan sebesar Rp 370.246. 

Selain kamu mendapat keuntungan yang memuaskan, kamu juga terbebas dari pajak jika menginvestasikan reksadana di Bibit. Tertarik untuk mencoba? Yuk, mulai dari sekarang biasakan untuk menabung secara rutin di reksadana untuk mencapai keinginanmu lainnya. Mulai investasi tabungan motor impianmu di sini!

Writer: Leni Wulansari

Editor: Merissa Maulia