KULTUM BIBIT: Pentingkah Beli Baju Baru? Ini Cara Kelola Uang Lebaranmu

“Baju baru Alhamdulillah. Tuk dipakai di hari raya. Tak punya pun tak apa-apa. Masih ada baju yang lama.” 

Penggalan lagu Dea Ananda di era 90an tampaknya masih relevan jika dinyanyikan hingga masa sekarang. Walaupun Hari Raya Idul Fitri identik dengan baju baru, namun hal ini bukan kewajiban.

Dikutip dari berbagai sumber, Idul Fitri dikatakan tak harus menggunakan baju baru, namun disunnahkan memilih pakaian terbaik. Artinya, tak apa menggunakan baju lama yang masih layak pakai dan bagus.

Kamu pun tak perlu gengsi dan merasa tak afdol jika tak menggunakan baju baru loh! Jika dihitung, rentang harga menyiapkan baju baru sekitar Rp300 ribu hingga Rp500 ribu per potong. Jika kamu menyiapkan baju untuk satu keluarga dengan anggota 4 orang, maka kamu harus menyiapkan Rp1,5 juta hingga Rp2 juta. 

Jika menggunakan simulasi menabung reksa dana, dengan modal Rp2 juta ditabungkan di salah satu reksa dana saham, maka uang kamu bisa mencapai Rp2,4 juta.

*Catatan: ini hanya simulasi berdasarkan kondisi pasar saat ini.

Gimana cara kelola uang lebaranmu? Simak di sini jawabannya! 😉

1. Ibadah atau Zakat

Karena bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, kamu bisa memanfaatkan alokasi THR (Tunjangan Hari Raya) kamu untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Apalagi di masa pandemi ini masih banyak masyarakat yang terdampak. 

Jadi, THR bisa kamu gunakan untuk membayar zakat atau untuk infaq dan sedekah. Kamu bisa menyesuaikan alokasi untuk ibadah dan zakat ini sesuai aturan pembayaran zakat.

2. Investasi

Setelah selesai untuk zakat dan ibadah, kebutuhan yang tak kalah penting adalah investasi. Ada baiknya THR yang kamu miliki sekitar 20% - 30% bisa dialokasikan untuk masa depan dengan investasi seperti investasi reksa dana di Bibit! 😉

3. Tambah Dana Darurat

Walau kamu sudah memiliki dana darurat, tak ada salahnya menambahkan alokasi dana darurat sekitar 10%-20% dari THR yang kamu miliki.

Nah, dari semua cara kelola uang lebaranmu, kamu masih memiliki budget 30% dari THR yang bisa kamu gunakan untuk keperluan pribadi dan bagi-bagi THR ke keluarga dan  saudara! 😊