Memilih Platform Investasi Reksadana Terbaik dengan Efektif

Kamu investor pemula dan mau investasi reksadana tapi bingung mau beli di mana? Jangan khawatir. Sekarang banyak platform investasi reksadana terbaik yang bisa kamu pilih. Contohnya, Bibit Reksadana Online, aplikasi reksadana online yang dapat kamu download di smartphone melalui AppStore ataupun Google Play.

Jadi, nggak perlu susah-susah mencari di mana alamat kantor Manajer Investasi. Nggak perlu juga datang ke institusi keuangan seperti bank yang biasanya menjadi Agen Penjual Reksadana (APERD). Teknologi digital, sudah memudahkan kita untuk berinvestasi reksadana. Karena kini, reksadana bisa dibeli secara online di platform investasi reksadana terbaik.

Meski begitu, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan kalau mau beli reksadana online di platform investasi reksadana terbaik. Simak, ya sampai habis biar investasi reksadanamu cuan sekaligus aman.

Tentukan Tujuan Finansial

Pada umumnya tujuan orang berinvestasi adalah dapat untung. Tapi untuk apa? Nah ini yang perlu kamu jawab sebelum memutuskan investasi reksadana. Adakah goals yang ingin kamu capai? Cita-cita atau hal yang ingin kamu wujudkan? Untuk melanjutkan studi, modal pernikahan, membeli kendaraan, umroh, liburan, masa pensiun atau apa pun itu?

Tujuan-tujuan finansial ini penting sebagai self motivated, sehingga kamu lebih termotivasi lagi untuk berinvestasi karena tujuannya sudah jelas. Kalau sudah ada tujuan finansial, nggak perlu ragu deh. Segera beli aja reksadana di platform investasi reksadana terbaik.

Pahami Risiko Investasi

Semua hal yang kita lakukan dalam hidup memiliki risiko, tak terkecuali investasi reksadana. Reksadana sama halnya dengan instrumen investasi lain dalam pasar bursa seperti saham dan obligasi, relatif sering mengalami fluktuasi. Artinya, terjadinya turun-naik nilai unit penyertaan reksadana yang akan berpengaruh terhadap keuntungan. Ada risiko rugi? Tentu saja ada. Triknya, buat kamu yang masih pemula adalah diversifikasi reksadana.

Begini, kita tahu bahwa reksadana itu ada beberapa jenis dengan karakter berbeda satu sama lain. Ada reksadana pasar uang yang memiliki risiko kecil, ada reksadana obligasi yang moderat, ada reksadana saham yang berisiko tinggi. Di titik ini kamu bisa mengkombinasikan antara ketiganya dengan persentase berbeda, sesuai dengan 3 profil risiko investasi kamu.

Ilsutrasinya, kalau kamu seorang yang cukup agresif, pecah dana investasimu untuk beli 50% reksadana saham, 30% reksadana obligasi, dan 20% reksadana pendapatan tetap. Sebaliknya, kamu seorang konservatif, bisa investasikan danamu ke 60% reksadana pasar uang, 30% reksadana pendapatan tetap, dan 10% reksadana saham. Sehingga jika salah satu reksadana mengalami penurunan, investasimu yang lain bisa mem-backup-nya.

Platform investasi reksadana terbaik pastinya sudah memahami kebutuhan diversifikasi ini. Karena itu, Platform investasi reksadana terbaik seperti Bibit dilengkapi fitur “Robo Advisor” yang akan memandumu memilih reksadana terbaik sesuai dengan tujuan keuangan, pendapatan, dan profil risiko investasimu. Nggak perlu ribet jadinya, kamu bisa langsung investasi reksadana di Bibit bahkan dengan nominal terkecil sekalipun yakni Rp10,000.

Kenali Manajer Investasi

Tak kenal maka tak sayang, begitu pepatah bilang. Begitu pula dengan investasi reksadana yang cuan atau tidaknya bergantung pada Manajer Investasi (MI). Karena itu, kamu bisa mulai rajin mencari tahu dan kenal dengan Manajer Investasi. Sekarang mudah kok, kamu bisa mencarinya di mesin pencarian atau baca artikel kriteria Manajer Investasi yang baik ini. Jangan sampai, kamu memilih Manajer Investasi yang diragukan seperti belum terdaftar OJK dengan kinerja yang biasa aja.

Namun kabar baiknya, platform investasi reksadana terbaik pastinya menggandeng Manajer Investasi terbaik pula. Seperti di Bibit Reksadana Online, ada sekitar 17 Manajer Investasi terbaik dengan kredibilitas yang nggak perlu diragukan lagi. Dengan demikian, bisa disimpulkan kamu tinggal investasi saja, dan percayakan danamu kepada mereka.

Memilih platform investasi reksadana terbaik sebenarnya mudah. Kamu juga bisa cek di AppStore atau Google Play, aplikasi reksadana online apa yang banyak di download dan mendapat review positif. Sebab, kalau kenyataannya demikian, itu artinya aplikasi tersebut dipercaya oleh banyak orang. Yuk mulai investasi sekarang juga!