Menghitung Hari Masa Penawaran SBR011, Kamu Sudah Beli Belum?

Masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) yang ketiga tahun ini yaitu Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR011 tinggal menghitung hari karena akan berakhir pada 16 Juni 2022. Saking banyaknya peminat, kuota pemesanan yang awalnya ditargetkan Rp 5 triliun dinaikkan oleh pemerintah jadi Rp10 triliun.

Buat kamu yang belum beli SBN seri SBR011, yuk disegerakan! Soalnya nih, ada sederet alasan kenapa SBR011 ini menarik untuk kamu beli. Simak baik-baik alasannya supaya kamu makin mantap dan nggak perlu kebanyakan mikir untuk investasi di SBR011.

Pertama, SBR011 adalah investasi yang aman dan menjanjikan

Aman karena investasi di SBR011 dijamin oleh undang-undang dan pastinya dijamin oleh negara. Menjanjikan karena investasi SBR011 memiliki skema kupon floating with floor (mengambang dengan batas minimal) sebesar 5,5%. Nilai kupon akan disesuaikan dengan kenaikan suku bunga BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap 3 bulan sekali, tapi nggak akan turun alias tetap 5,5% kalau suku bunga diturunkan.

Artinya, dengan adanya potensi kenaikan suku bunga BI, akan menguntungkan jika kita berinvestasi di SBR011. Sementara itu, investor akan menerima kupon tanggal 10 setiap bulannya hingga jatuh tempo pada 10 Juni 2024. Menarik banget, kan? 

Kedua, sebagai sumber passive income

Alasan kedua ini menarik karena SBR011 bisa menjadi sumber penghasilan tambahan tanpa perlu melakukan apapun alias passive income. Kok bisa? Soalnya, dengan berinvestasi di SBR011, kamu akan mendapatkan cuan setiap bulannya. Yuk, kita lihat gambar di bawah ini supaya kamu tahu berapa cuan yang didapat kalau investasi di SBR011! 

Dari gambar di atas, kamu bisa lihat kan, kalau kamu akan dapat setiap bulannya. Bahkan, kamu berpotensi mendapatkan cuan yang lebih besar saat ada kenaikan suku bunga Bank Indonesia. Ini yang membuat penerbitan SBN Seri SBR011 berbeda dibanding yang sudah diterbitkan sebelumnya.

Ketiga, cara pembelian mudah dan bisa dimulai Rp 1 juta

Saat ini, Bibit sudah menjadi salah satu mitra distribusi (Midis) SBN sehingga kamu bisa dengan mudah membeli SBR011 melalui aplikasi Bibit. Nggak cuma itu, pembelian SBR011 juga bisa dimulai dari Rp 1 juta sehingga cukup terjangkau buat kamu sebagai investor pemula. 

Adapun maksimal pembelian SBR011 ini sebesar Rp 2 miliar dengan tenor 2 tahun atau yang  akan jatuh tempo pada 10 Juni 2024. Tapi, sebelum masa jatuh tempo itu, kamu tetap bisa mencairkan sejumlah dana karena SBR011 ini memiliki fasilitas early redemption. Menarik banget ya?

Baca Juga: Kupon SBR011 Minimal 5,5% per Tahun, Ini Simulasi Keuntungannya!

Dari penjelasan di atas, semoga kamu udah nggak galau lagi untuk memutuskan berinvestasi di SBR011 atau nggak. Selain dapat passive income setiap bulannya bahkan berpotensi tambah cuan kalau suku bunga naik, kamu sebagai generasi muda juga udah ikut andil membantu negara. 

Yuk, segera buka aplikasi Bibit kamu dan jangan sampai ketinggalan yang lain untuk membeli SBR011 sebelum kehabisan! Kamu bisa lihat detail pembelian SBR011 melalui aplikasi Bibit di sini! 

Writer: Yuni Astutik