Menyiapkan Biaya Persalinan dengan Nabung Reksa Dana yang Bisa Dicairkan Cepat!

Sejak anak masih di dalam kandungan, setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik. Termasuk mempersiapkan biaya melahirkan atau  persalinan. Persiapan persalinan bukan hanya membutuhkan kesiapan mental, fisik, tapi juga finansial. Maklum, biaya persalinan alias melahirkan yang tidaklah murah. Tapi sekarang kamu nggak perlu bingung, ada cara menyiapkan biaya persalinan dengan menabung reksadana di aplikasi Bibit.

Biaya bersalin bukan hanya menyangkut biaya jasa dokter kandungan, tetapi juga biaya kamar, dan perawatan bayi pasca kelahiran. Jika persalinan yang kamu pilih melalui cesarean section (C-section), atau disebut juga operasi bedah, biayanya bisa lebih besar. Namun, bukan berarti biaya persalinan tidak bisa diantisipasi. Jika kamu atau pasangan merencanakan kehamilan anak kedua, maka kamu bisa membuat list kebutuhan menyiapkan biaya persalinan seperti yang dilakukan Andra dan istrinya berikut ini:

Jika dilihat dari tabel di atas, Andra dan istrinya harus menyiapkan dana darurat sebanyak Rp 1.800.000 selama setahun untuk mengumpulkan dana darurat melahirkan sebanyak Rp 23.300.000. Tentunya dana darurat ini harus dipersiapkan jauh sebelum kamu atau pasangan dinyatakan positif hamil agar kamu bisa mengatur jangka waktu menabungnya tidak terlalu cepat.

Di sini Andra dan istrinya memutuskan memilih aplikasi Bibit untuk menyimpan dana daruratnya karena Bibit kini hadir dengan fitur terbaru yaitu New Portofolio. Di New Portofolio ini kamu bisa pilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari Bibit Goals, Bibit Pensiun, Bibit Darurat, dan Bibit Tabungan. Dan yang Andra pilih adalah Bibit Darurat.

Begini cara Andra investasi dana darurat di aplikasi Bibit:

  1. Pilih ‘Tambah Portofolio’ atau tanda + di pojok kanan atas

  2. Pilih Jenis Portofolio ‘Bibit Darurat’

  3. Edit Nama Portofolio misal “Tabungan Melahirkan”

  4. Masukkan dana melahirkan yang harus terkumpul dan juga kapan kamu ingin tujuan ini tercapai?

  5. Pilih Set Nabung Rutin supaya kamu tidak lupa untuk investasi setiap bulannya

  6. Pilih produk yang ingin dibeli, misal Sucorinvest Money Market Fund

  7. Terakhir, lanjut pembayaran dengan Bank Jago atau GoPay.

  8. Selesai, sekarang Andra sudah memiliki portofolio Dana Darurat untuk Melahirkan

Fitur Instant Redemption untuk Biaya Persalinan

Bibit Darurat bisa jadi pilihan untuk menabung dana darurat, di aplikasi Bibit sudah ada fitur Pencairan Instan untuk mencairkan tabungan reksa dana kamu hanya dalam hitungan detik. Untuk sekarang hanya bisa menggunakan Reksa Dana Pasar Uang yang berlogo petir. 

Dana darurat ini bisa kamu gunakan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, contohnya jika mendekati persalinan ternyata ada gangguan kehamilan atau ketika Ibu dan bayi butuh perawatan ekstra setelah melahirkan.
Dengan nabung reksa dana dan memilih Pencairan Instan di aplikasi Bibit, kini kamu nggak perlu khawatir lagi mencairkan uang yang kamu investasikan, karena hanya dalam hitungan detik, uangmu akan cair dan bisa otomatis kamu gunakan saat keadaan urgent