Reksa Dana Pasar Uang Jadi Solusi untuk Kondisi Market yang Fluktuatif!

Kondisi market masih belum kembali pulih dari penurunan. Kalau kamu lihat hingga Senin 18 Juli 2022, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berada di level 6.600-an, padahal sebelumnya sempat menyentuh level 7.000-an. Hal ini mungkin membuat beberapa portofolio di Bibit menjadi minus alias merah, apalagi kalau kamu berinvestasi di reksa dana saham. Siapa yang mengalami hal yang sama?

Ada beberapa hal yang mempengaruhi pergerakan reksa dana yang kamu punya, cek pembahasannya di sini! Sementara itu, kondisi yang terjadi saat ini bisa kamu jadikan bahan pembelajaran dalam perjalanan investasimu. 

Kalau kamu merasa insecure dengan keadaan pasar yang fluktuatif saat ini tapi ingin terus menabung, Bibit punya daftar Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) yang bisa kamu jadikan pilihan. Kenapa RDPU? Tentu saja karena RDPU adalah investasi yang rendah risiko dibanding Reksa Dana Obligasi (RDO) dan Reksa Dana Saham (RDS). Sehingga, cocok untuk kondisi apapun dengan profil risiko konservatif.

RDPU adalah salah satu jenis investasi reksa dana yang menempatkan asetnya 100% di instrumen pasar uang seperti deposito dan surat berharga yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun. Makanya, pergerakan RDPU cenderung stabil meningkat.  Selain itu, keuntungan lain dari RDPU adalah memberikan imbal hasil lebih tinggi dari simpanan deposito di bank serta bisa dicairkan kapan saja tanpa dikenakan pinalti. 

Supaya lebih jelas, di bawah ini adalah salah satu grafik yang menggambarkan pergerakan RDPU yang terpantau terus mengalami kenaikan selama 1 tahun terakhir. 

Jadi buat kamu yang punya tujuan jangka panjang tapi merasa was-was kalau berinvestasi di instrumen tinggi risiko seperti RDS, maka RDPU bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok. Berikut adalah daftar β€œTop 5 RDPU” di aplikasi Bibit berdasarkan return 1 tahun yang bisa kamu lirik.

Dari lima produk RDPU di atas, kamu bisa pilih salah satu disesuaikan dengan budget saat melakukan top up. Namun meski produk di atas merupakan Top 5, jangan lupa juga kalau kamu tetap harus melakukan riset dan cari tahu sendiri mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Yuk, konsisten nabung rutin dengan RDPU pilihanmu agar tujuan keuangan kamu segera tercapai!