Sektor Bank: All Time High di 2023, Menuju Normalisasi Pertumbuhan

Tim Analyst Stockbit melakukan analisa terhadap performa dan prospek sektor perbankan dengan ringkasannya sebagai berikut: 

  • Setelah mencapai all–time high pada Fiscal Year 2023 (FY23), laba bersih bank berpotensi melanjutkan pertumbuhan double digit pada FY24E, didorong loan growth dengan NIM (Net Interest Margin) stabil.

  • Namun, kami melihat normalisasi pertumbuhan laba bersih pada FY24E seiring mulai terbatasnya ruang penurunan beban provisi.

  • Performa positif pada 2023 juga terefleksikan pada harga saham emiten bank yang sebagian besar juga naik double digit

  • Kami lebih menyukai mid banks dibanding big banks karena valuasi yang lebih menarik, mulai re-rating, dan potensi dari aksi korporasi.

  • Top picks kami adalah $BMRI, $BNGA, dan $BBTN. Kami menyukai BMRI karena target loan growth-nya tertinggi dan memiliki valuasi menarik dibanding big banks lain.

Di sisi lain, ada beberapa risiko utama yang perlu diperhatikan: 

  1. Lemahnya daya beli dan konsumsi masyarakat yang dapat menyebabkan peningkatan NPL dan pelemahan pertumbuhan kredit

  2. Pengetatan likuiditas dapat membatasi ruang untuk bertumbuh, terutama dalam pertumbuhan kredit

  3. Penurunan kualitas aset yang dapat menyebabkan peningkatan credit cost, sehingga beban provisi meningkat.

Baca analisa selengkapnya di Unboxing Stockbit Bank: ATH Di 2023; Menuju Normalisasi Pertumbuhan.

Kamu juga bisa menambahkan saham-saham perbankan ke Watchlist untuk terus pantau performanya secara real-time di aplikasi Bibit. Optimalkan potensi return portofolio kamu dalam jangka panjang dengan investasi saham di Bibit!

Disclaimer: Keputusan membeli/menjual saham merupakan tanggung jawab pribadi investor sepenuhnya. Always do your own research.